Jus Melon dan Alpukat Untuk Bayi

Jika Anda berencana untuk memberikan asupan jus buah untuk melengkapi kebutuhan gizi si kecil, sebaiknya memberikan jus buatan sendiri. Tidak dianjurkan untuk memberikan jus dalam kemasan karena memiliki kandungan gula dan kalori cukup tinggi, namun tidak memiliki kandungan serat. Selain itu, beberapa produk jus buah dalam kemasan mengandung pengawet dan pemanis buatan yang bisa membayakan kondisi kesehatan si kecil.

Bagi Anda yang kebingungan dalam membuat jus buah untuk si kecil, berikut ini penulis akan memberi penjelasan mengenai resep dan cara membuat jus melon dan alpukat.

Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 150 buah melon
  • 100 ml susu formula

Cara membuat jus melon dan alpukat:

  1. Buah melon dipotong-potong dan dihaluskan dengan blender.
  2. Keruk daging buah alpukat, kemudian lumatkan dengan menggunakan sendok.
  3. Campurkan dengan susu formula, aduk rata.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan siap disajikan.

Bagaimana Bunda? Mudah bukan membuat jus buah untuk si kecil? Meskipun saat ini banyak jus buah kemasan yang beredar, namun alangkah lebih baiknya jika Bunda membuat sendiri. Keuntungan membuat sendiri jus buah untuk si kecil yaitu lebih terjamin kandungan gizinya, terhindar dari pengawet serta pemanis buatan dan lebih terjamin kebersihannya.

Kandungan nutrisi jus lemon dan alpukat tidak perlu diragukan lagi. Buah melon mengandung  vitamin B, vitamin C dan karotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun si kecil. Selain itu, buah melon juga memiliki kandungan serat dan air cukup tinggi yang berguna untuk memperlancar serta menjaga sistem pencernaan.

Sedangkan buah alpukat memiliki kandungan lemak jtak jenuh yaitu asam linoleat dan oleta sangat tinggi. Asam lemak ini berperan penting dalam memberikan energi untuk aktivitas si kecil. Selain itu, omega-3 pada buah alpukat berperan penting dalam membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan.

Sering bertambahnya usia, walaupun si kecil mendapatkan asupan jus buah, namun Anda juga harus tetap memberikan buah segar untuk mengoptimalkan kebutuhan nutrisinya. Karena kandungan nutrisi buah utuh lebih sempurna daripada jus buah. Hal ini karena jus buah mengalami proses penghancuran sehingga ada beberapa komponen yang tidak sempurna.

Related Posts

Share This