Jus Mangga dan Labu Sebagai Nutrisi Tambahan Untuk Anak

Mangga adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai pembuat kolagen atau protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang. Selain itu, vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem imun anak, menjaga kesehatan gusi dan mempercepat penyembuhan luka.

Mangga memiliki daging buah berwarna orange yang merupakan beta karoten antioksidan. Fungsi dari beta karoten pada buah mangga yaitu untuk melindungi otak. Selain itu, beta karoten bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit sehingga mendukung pertumbuhan si kecil.

Sedangkan kandungan gizi buah labu diantaranya yaitu vitamin C, beta karoten, kalium, kalsium, natrium dan antioksidan. Semua zat gizi tersebut berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Nutrisi tersebut juga berperan penting dalam menjaga kesehatan (meningkatkan imunitas) sehingga si kecil tidak mudah sakit.

Berikut Ini Cara Membuat Jus Mangga dan Labu

Bahan:

  • 50 gram labu kuning
  • 50 gram mangga arumanis
  • 100 ml air matang

Cara membuat jus mangga dan labu:

  • Potong-potong labu kuning yang telah di kukus, lalu blender sampai halus.
  • Ambil sarinya, kemudian blender ulang dengan campuran daging buah mangga.
  • Angkat dan tuangkan ke dalam gelas. Sajikan.

Apabila Anda ingin memberikan jus untuk bayi dibawah usia 1 tahun sebaiknya meminimalisir penggunaan gula. Hal ini karena organ dalam bayi seperti ginjal dan pankreas belum sepenuhnya berfungsi dengan baik sehingga rentan menimbulkan kerusakan. Selain itu, penggunaan gula dalam jus untuk anak memang harus dibatasi, bahkan kalau bisa tidak perlu menggunakan gula untuk mencegah kerusakan gigi.

Pemberian jus buah juga harus disesuaikan dengan usia anak. Berikan jus buah diantara jam makan anak dan jangan memberikan jus ketika mendekati waktu tidur. Untuk anak usia 1-4 tahun hanya dianjurkan diberikan sebanyak 120-170 ml per hari. Pemberian jus buah yang berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti diare kronis ataupun perut kembung. Faktor penyebabnya yaitu rasa asam dari buah yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517