Jus Apel dan Pir: Minuman Sehat Untuk Anak

Buah-buahan merupakan salah satu makanan pendamping ASI yang dianjurkan untuk bayi. Hal ini karena buah mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Buah-buahan bisa diberikan pada bayi sejak usia 6 bulan dengan cara dihaluskan atau dibuat jus.

Pir merupakan buah pertama yang bisa diperkenalkan pada bayi. Buah pir hampir sama dengan apel, namun teksturnya lebih berair. Kandungan pektin (sejenis serat) pada buah pir sangat berguna untuk membantu regulasi usus sehingga memperlancar pencernaan.

Buah pir juga mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu, pir mengandung gluthatione yang berfungsi dalam metabolisme hati untuk menghilangkan racun serta sebagai antioksidan utama di dalam tubuh.

Sama halnya dengan pir, apel juga merupakan buah yang tepat untuk bayi karena tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. Apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil. Selain itu, apel juga mengandung magnesium, posfor, kalsium, vitamin A dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan dan meningkatkan sistem imun si kecil.

Untuk membuat jus apel dan pir sangat mudah, adapun resep dan cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

Bahan:

  • 1 buah pir
  • 1 buah apel merah
  • 100 ml air

Cara membuat:

  • Buah pir dan apel merah dikupas kemudian dipotong-potong.
  • Blender hingga halus dan mengental.
  • Angkat dan cairkan menggunakan air matang.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi.

Itulah resep dan cara mudah untuk membuat jus buah apel dan pir yang bergizi untuk membantu mengoptimalkan perkembangan si kecil. Jus untuk bayi harus diberikan secara teratur dengan porsi yang tepat. Hindari memberikan jus secara berlebihan atau terlalu sering karena bisa mengakibatkan masalah pencernaan. Selain itu, hindari juga penggunaan gula atau pemanis buatan dalam membuat jus untuk bayi. Anda cukup memberikan jus dengan rasa alami dari buah-buahan tersebut tanpa ada tambahan gula.

Related Posts

Share This