Jus Alpukat dan Sirsak Untuk Bayi

Jus alpukat dan sirsak adalah salah satu alternatif makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi. Hal ini karena alpukat mengandung vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan daya ingat anak. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah alpukat mulai diperkenalkan pada bayi usia 6 bulan. Selain dibuat jus, buah alpukat bisa langsung diberikan pada bayi karena tekstur daging buahnya lembut sehingga memudahkan bayi untuk melumat dan mencernanya.  Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat jus alpukat dan sirsak yang bisa Anda coba dirumah.

Bahan:

  • 1 potong buah sirsak manis
  • 1 buah alpukat
  • 50 gram madu
  • 1 sdm susu bubuk bayi
  • 75 ml air

Cara membuat jus alpukat dan sirsak:

  1. Kupas buah sirsak dan alpukat, lalu potong-potong. Blender hingga benar-benar lembut.
  2. Tambahkan susu dan madu.
  3. Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi.

Manfaat lain dari buah alpukat yaitu untuk mencegah penyakit anemia pada anak karena mengandung asam folat. Daging buah alpukat mengandung zat hijau daun (klorofil) yang berguna untuk memperlancar aliran darah dan melepaskan zat-zat racun dari dalam hati. Disamping itu klorofil juga membantu meningkatkan sistem imun anak, meningkatkan produksi sel darah merah dan sebagai penguat otak.

Kandungan omega-3 pada buah alpukat sangat efektif untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan si kecil. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh (asam oleat dan linoleat) sangat tinggi dan berguna sebagai pasokan energi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Buah sirsak juga memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa yaitu vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang bermanfaat untuk perkembangan si kecil. Selain itu buah sirsak juga sangat bagus untuk pencernaan dan bisa menghentikan diare pada bayi.

Itulah manfaat serta cara mudah untuk membuat jus alpukat dan sirsak sebagai pelengkap makanan pendamping ASI untuk si kecil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This