Jenis Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Menyusui termasuk salah satu proses penting sehingga asupan nutrisi selama menyusui perlu diperhatikan. Ibu menyusui harus memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang guna menunjang kualitas dan kuantitas ASI. Nah, jenis vitamin untuk ibu menyusui bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan yang banyak terdapat disekitar kita.

Jika ditelusuri lebih mendalam lagi, banyak sumber makanan yang menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan. Sumber makanan yang tentunya memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Selain itu, dari kelompok hewani bisa mengkonsumsi daging maupun ikan.

Berikut Daftar Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. Semua harus terpenuhi guna menunjang kelancaran proses menyusui. Apa saja vitamin yang dibutuhkan tersebut? Berikut selengkapnya!

  1. Vitamin C

Asupan vitamin C selama menyusui penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga selalu fit selama menjalani proses menyusui. vitamin C bisa diperoleh dari kelompok sayuran dan buah-buahan seperti kiwi, jeruk, stroberi, mangga, paprika, brokoli, kubis dan alpukat.

  1. Vitamin D

Kebutuhan vitamin D harian harus dipenuhi selama menyusui. Sumber makanan yang menyediakan vitamin D yaitu ikan tuna, salmon, keju, susu, telur, kedelai, jamur, minyak ikan. Disamping itu vitamin D juga bisa diperoleh secara alami dari sinar matahari.

  1. Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, kebutuhan vitamin D harus dipenuhi selama menyusui guna menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil terbebas dari penyakit yang bisa mempengaruhi kualitas ASI. Sumber vitamin E yaitu bayam, kacang almond, brokoli, sawi, kacang hijau dan paprika merah.

  1. Asam folat

Nutrisi asam folat dibutuhkan selama hamil dan menyusui. Manfaat asam folat sangat vital sekali yaitu untuk membantu pembentukan jaringan otak. Kekurangan asam folat sangat fatal akibatkanya bagi bayi. Nah maka dari itu asam folat harus tercukupi melalui asupan makanan seperti pepaya, jeruk, alpukat, brokoli, bayam, wortel, asparagus dan hati sapi. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi guna menunjang asupan asam folat secara optimal.

  1. Vitamin B6

Asupan vitamin B6 buisa diperoleh dari sumber makanan seperti brokoli, tomat, ikan tuna, kacang-kacangan, pisang dan bayam. Ibu menyusui memelukan asupan vitamin B6 sebanyak 2 mg setiap harinya guna memperlancar produksi ASI.

  1. Vitamin A

Sumber makanan yang mengandung vitamin A sangat mudah untuk diperoleh yaitu seperti melon, bayam, telur, ubi jalar, brokoli, kangkung, wortel dan lain sebagainya. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan bayi dan ibu menyusui. Selain itu, vitamin A juga membantu menjaga kesehatan mata.

Nah, demikian beberapa jenis vitamin penting bagi ibu menyusui. Konsumsilah makanan yang bervariasi guna mencukupi semua kebutuhan vitamin tersebut setiap harinya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517