Jenis Vitamin Tulang Sehat dan Kuat

Vitamin tulang harus dipenuhi untuk menjaga tulang yang sehat dan kuat. Tulang memegang peranan penting dalam menyangga struktur tubuh. Dalam upaya untuk menjaga kesehatan tulang maka Anda harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari seperti rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi untuk tulang.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang dan beresiko terhadap penyakit osteoporosis. Dalam upaya menjaga kesehatan tulang maka Anda harus mencukupi pasokan vitamin dan kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Apa saja jenis vitamin yang diperlukan oleh tulang? Berikut ini beberapa vitamin tulang yang harus tercukupi dengan baik melalui asupan makanan bergizi.

Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu produksi kolagen didalam tulang. Disamping itu, vitamin C juga diperlukan untuk membantu kinerja dari sel blast osteo dalam pembentukan tulang keras yang baru.

Vitamin D

Peran penting vitamin D untuk kesehatan tulang memang sangat signifikan. Dalam hal ini vitamin D berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium kedalam tulang. Jika asupan vitamin D tidak terpenuhi dengan baik maka sangat beresiko terhadap keruskana tulang. Mengingat perannya yang sangat penting maka kebutuhan vitamin D tidak boleh disepelakamn dan harus dipenuhi dengan baik.

Vitamin K

Vitamin K berguna untuk meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Vitamin K sangat diperlukan oleh tubuh terutama tulang. Apabila kepadatan tulang terjaga dengan baik maka hal ini akan menghindarkan Anda dari kerusakan atau penyakit osteoporosis. Disamping itu, vitamin K juga menunjang proses pembentukan tulang yang baru.

Vitamin B12

Kekurangan asupan vitamin B12 beresiko terhadap penyakit osteoporosis. Asupan vitamin B12 harus diperhatikan dengan baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Konsumsilah makanan sehat yang tinggi akan kandungan vitamin B12 dalam menu harian Anda.

Magnesium

Mineral yang berperan dalam menjaga kekuatan tulang yaitu magnesium. Asupan magnesium yang cukup akan membuat kalsium terserap dengan baik sehingga mencegah kalsium hilang dari tubuh. Selain itu magnesium akan meningkatkan imun tubuh sehingga menghindarkan Anda dari resiko penyakit yang kemungkinan akan menyerang bagian tulang.

Kalium

Mineral penting selanjutnya untuk kesehatan tulang yaitu kalium. Manfaatnya untuk menjaga keseimbangan basa sehingga mempertahankan massa tulang. Disamping itu, kalium berguna untuk mencegah kehilangan kalsium. Dengan kata lain kalium akan mengunci kalsium supaya terserap dengan baik kedalam tubuh.

Nah, demikian beberapa vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tulang. Penuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan, susu, yoghurt, daging tanpa lemak dan jenis makanan sehat lainnya. Lakukan juga olahraga untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta otot.

Related Posts

Share This