Jenis Vitamin Prenatal Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Prenatal adalah masa sebelum lahir atau periode awal perkembangan janin yang dimulai sejak awal pembuahan sampai waktu persalinan. Prenatal merupakan periode yang sangat rentan terjadinya gangguan pada janin sehingga diperlukan perhatian dan asupan nutrisi yang benar untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan psikologis.

Pada masa ini ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi dan menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan. Asupan vitamin prenatal untuk kehamilan sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Vitamin prenatal yang umum dikenal yaitu asam folat, zat besi dan kalsium. Namun disamping itu, Ada beberapa vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Berikut Jenis Vitamin Prenatal Untuk Ibu Hamil

  1. Vitamin B

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu vitamin B6. Fungsi dari vitamin ibu hamil yang satu ini yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dan otak janin di dalam kandungan. Selain itu, dengan mengkonsumsi vitamin B6 secara rutin bermanfaat untuk menjaga stamina dan mood ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menunjang kesehatan janin. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang membahayakan tubuh. Ibu hamil membutuhkan sekitar 50 mg vitamin C setiap harinya.

  1. Kolin

Menurut sebuah riset membuktikan bahwa kolin adalah salah satu vitamin prenatal yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan kognitif dan IQ bayi. Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan kolin minimal 30 mg  setiap harinya.

  1. DHA dan EPA

Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi DHA dan EPA. Fungsi dari nutrisi tersebut yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan indera penglihatan bayi. Disamping itu, DHA dan EPA dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegqah terjadinya persalinan prematur dan bayi lahir cacat. Untuk memperoleh sumber DHA dan EPA yang berkualitas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Biasanya vitamin prenatal yang satu ini susah untuk diperoleh dan tidak diperjual belikan secara bebas.

Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil harus terpenuhi dengan baik untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Cara sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan dalam mencukupi kebutuhan nutrisi pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Perlu Anda ketahui bahwa makanan bergizi tidak hanya berguna untuk menunjang kesehatan pada waktu hamil, akan tetapi memiliki dampak positif dalam mempersiapkan proses persalinan. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi pada waktu hamil harus benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517