Jenis Serta Manfaat Imunisasi Bagi Bayi

Pada waktu masih anak-anak kita pernah mendapatkan imunisasi. Bahkan bagi Anda yang saat ini sudah mempunyai anak pastinya mempunyai jadwal rutin membawa anak ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi. Lantas apa yang dimaksud dengan imunisasi dan manfaat  apa saja yang akan dirasakan oleh bayi? Imunisasi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan kata lain imunisasi adalah salah satu cara untuk memberikan kekbalan tubuh pada bayi. berikut ini ada beberapa jenis imunisasi dan manfaat imunisasi bayi.

Imunisasi bayi

Imunisasi polio

Jenis imunisasi ini biasanya diberikan pada bayi dengan cara oral atau pemberian lewat mulut. Manfaat imunisasi ini yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit polio yang bisa mengakibatkan kecacatan pada anak seperti kelumpuhan. Pemberian imunisasi ini biasanya dilakukan beberapa kali yaitu ketika bayi berusia 0, 2, 4, 6 dan 18 bulan. Selain itu, biasanya pemberian imunisasi terakhir dilakukan ketika anak berusia 5 tahun.

Imunisasi hepatitis B

Manfaat imunisasi hepatitis B yaitu untuk mencegah infeksi virus yang bisa menyebabkan penyakit hepatitis. Biasanya virus hepatitis B akan menyerang bagian hati. Vaksin hepatitis B biasanya diberikan pada bayi sebanyak 3 kali. Tahapan pemberiannya yaitu ketika bayi baru lahir, usia 1 bulan dan memasuki bulan ke 3 sampai bulan ke 6. Apabila imunisasi ini tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan yang seharusnya maka bayi sangat rentan terkena penyakit kanker hati.

Imunisasi campak

Imunisasi ini biasanya diberikan pada bayi sebanyak 2 kali yaitu ketika berusia 9 bulan dan memasuki usia 6 tahun. Tujuan dari pemberian vaksin ini adalah untuk mencegah penyakit campak. Pemberian imunisasi ini sebaiknya tidak dilewatkan supaya bayi terbebas dari berbagai macam penyakit.

Imunisasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)

Vaksin atau imunisasi BCG bertujuan untuk mencegah penyakit TBC pada bayi. imunisasi ini biasanya diberikan pada bayi sebelum berusia 3 bulan atau biasanya diberikan ketika bayi masih berusia 1 bulan.

Imunisasi DTP

Jenis imunisasi ini bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus. Sebagaimana yang kita ketahui kalau penyakit difteri merupakan penyumbatan dan pembengkakan pada saluran pernapasan. Pertusis merupakan salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan pneumonia. Selain itu, penyakit tetanus adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyerang syaraf pada bagian otot tubuh sehingga menyebabkan otot menjadi kaku. Oleh karena itu penting sekali untuk me,berikan vaksin ini pada bayi ketika berusia 2, 4, 6 dan 18 bulan. Selain itu vaksin ini juga diberikan ketika anak memasuki usia tahun ke 5 dan 12.

Nah, itulah beberapa manfaat imunisasi bagi bayi. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda selaku orangtua  untuk memberikan imunisasi pada bayi sesuai dengan jadwal yang seharusnya supaya pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak terganggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517