Jenis Permainan Olahraga Untuk Buah Hati

Selain memberikan asupan nutrisi, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil maka bisa juga dengan menerapkan aktivitas fisik. Salah satunya yaitu dengan berolahraga. Aktivitas fisik akan membuat si kecil senantiasa bugar sehingga sistem imun tubuhnya meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap proses tumbuh kembangnya. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan porsi dan permainan olahraga yang tepat.

Anak-anak yang jarang berolahraga cenderung kurang ceria, lemas, kurang percaya diri, mudah terserang penyakit dan memiliki resiko obesitas. Maka dari itu, aktivitas fisik menjadi salah satu komponen penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Sesuaikan jenis olahraga dengan tahapan usia si kecil. Jangan memberikan porsi olahraga secara berlebihan karena justru bisa berdampak terhadap kesehatannya.

Aktivitas Olahraga Untuk Kebugaran Tubuh Si Kecil

  1. Melatih Kekuatan Otot

Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh si kecil maka Anda bisa memberikan latihan untuk kekuatan ototnya. Jenis permainan olahraga yang bisa Anda berikan yaitu push up, sit up, pull up, memanjat arena permainan jaring ataupun permainan tarik tambang antar anak seusianya.

Berikan latihan fisik tersebut secara teratur dan jangan berlebihan sebab bisa membahayakan kesehatannya. Minimal lakukan aktivitas tersebut tiga kali dalam seminggu sehingga hasilnya lebih baik untuk melattih kekuatan otot si kecil.

  1. Aktivitas Aerobik

Aktivitas aerobic ringan bisa Anda ajarkan pada si kecil untuk melatih kekuatan paru-paru dan jantung si kecil. Gerakan-gerakan dalam aerobic bisa membuat si ekcil lebih sehat dan bugar. Bahkan akan membuat si kecil menjadi lebih ceria.

  1. Peregangan

Selanjutnya yaitu peregangan ringan untuk melatih otot-otot si kecil sehingga lebih fleksibel dan terhindar dari bahaya cidera. Aktivitas yang mengandung unsur peregangan yang bisa Anda ajarkan pada anak yaitu menari, yoga dan peregangan statis.

  1. Melatih Kekuatan Tulang

Yang termasuk dalam aktivitas ini diantaranya yaitu bermain lompat tali, berlari, bermain bola dan aktivitas olahraga lainnya. Nah, gerakan-gerakan tersebut akan sangat berguna dalam membantu menjaga kekuatan tulang si kecil. Seperti halnya latihan untuk kekuatan otot, maka latihan kekuatan tulang bisa dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Nah, demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh si kecil melalui permainan olahraga yang menyehatkan. Mengajarkan kebiasaan olahraga sejak dini sangat berguna untuk menanamkan kebiasaan sehat. Hal ini secara tidak langsung akan menjadi kebiasaan hingga dewasa.

Dalam mengajarkan kebiasaan olahraga sebaiknya Anda memberikan pengawasan supaya tidak terjadi cedera pada si kecil. Jangan membiarkan si kecil melakukan aktivitas fisik sendirian, namun harus selalu berada dibawah bimbingan Anda selaku orangtuanya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517