Jenis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Dampak Negatif Gadget

Seiring dengan perkembangan zaman, kini alat komunikasi sudah berkembang semakin canggih. Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh setiap produk gadget. Dengan kemajuan tersebut tidak mengherankan jika gadget sudah menjadi kebutuhan primer yang kehadirannya sangat penting. Namun seringkali banyak orang yang tidak menyadari dan menyepelekan dampak negatif gadget untuk kesehatan.

Terlalu sering berinteraksi dengan gadget bisa menimbulkan dampak negatif yang sewaktu-waktu bisa mengancam kesehatan Anda. Bahaya tersebut tentunya bersumber dari radiasi telpon pintar tersebut. Radiasi gadget bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang bersifat ringan dan berat dalam jangka panjang. Dampak negatif gadget memang tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, namun bahayanya akan mengendap dalam jangka panjang sehingga hal ini beresiko di kemudian hari.

Nah, Inilah Bahaya Yang Berasal Dari Gadget

  • Nomophobia

Salah satu dampak negatif yang berasal dari gadget yaitu nomophobia. Pengguna gadget yang sudah kecanduan senantiasa tidak bisa lepas dari benda tersebut. Bahkan jika dijauhkan dengan gadget maka senantiasa akan meras cemas yang berlebihan. Penderita cenderung akan terlihat was-was, gemetar, cemas dan bahkan berkeringat.

  • Scrotal Hyperthermia

Bagi Anda yang sering mengoprasikan gadget atau laptop diatas paha sebaiknya berhati-hati sebab kebiasaan tersebut bisa memicu peningkatan suhu. Kondisi tersebut tentunya sangat beresiko lbagi pria karena bisa menyebabkan organ vital mengalami gangguan. Lebih jelasnya yaitu menyebabkan gangguan pada fungsi reproduksi.

  • Insomnia

Menggunakan gadget secara berlebihan dan kebiasaan menggunakan benda tersebut pada malam hari tentunya akan berdampak terhadap kualitas tidur. Pancaran cahaya dari gadget yang Anda gunakan pada malam hari akan mempengaruhi pelepasan hormone melatonin yang merupakan hormone untuk membuat pikiran Anda tenang dan tidur pada malam hari.

Insomnia akibat kebiasaan menggunakan gadget pada malam hari tentunya sangat beresiko terhadap beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan bahkan diabetes. Maka dari itu, pergunakanlah gadget sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

  • Melukai Jempol

Jempol biasanya bagian yang sering digunakan untuk menekan tombol pada gadget. Jika penggunaan gadget secara terus menerusĀ  dalam jangka panjang maka sangat beresiko melukai otot-otot, saraf dan melukai tendon. Cedera yang lebih serius bisa menyebabkan bagian tersebut mati rasa dan terjadi kerusakan otot yang memerlukan proses pembedahan.

Gadget memang salah satu alat komunikasi yang berguna jika dipergunakan secara bijak dan tidak berlebihan. Bagaimanapun sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan psikis. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda mempergunakan gadget dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh gadget pada dasarnya Anda sendiri yang merasakannya sehingga dalam hal ini Anda sendiri yang harus memiliki kesadaran akan hal tersebut.

Related Posts

Share This