Jenis Penyakit Menular Yang Rentan Menyerang Anak

Sebagai orangtua tentunya Anda akan merasa cemas ketika si kecil mengalami gangguan kesehatan. Terlebih lagi jika si kecil kondisi tersebut berlangsung beberapa hari disertai dengan kondisi tubuh yang semakin memburuk. Pada dasarnya anak-anak masih sangat rentan terkena jenis penyakit menular ringan seperti flu, demam dan pilek. Hal ini karena sistem kekebalan tubuhnya masillemah dan belum bisa berfungsi dengan baik dalam melawan infeksi penyakit.

Penyakit menular yang menyerang anak-anak memang tidak bisa dihindari dan bisa datang kapan saja. Dalam hal ini tindakan yang perlu Anda lakukan adalah mencegah supaya si kecil tidak mudah terserang dan terinfeksi. Salah satu carannya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Menular Pada Anak

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit menular yang rentan menyerang anak-anak yaitu demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang membawa penyakit. Yang paling umum yaitu nyamuk aedes aegepty. Jika terinfeksi penyakit ini maka anak akan mengalami beberapa fase yaitu fase pertama demam, fase kedua demam disertai pendarahan, fase ketiga nadi lebih cepat akibat sirkulasi gagal dan fase keempat mengalami syok berat.

Salesma

Gangguan kesehatan yang satu ini tergolong ringan. Akan tetapi tidak boleh disepelekan dan dibiarkan begitu saja sebab bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas si kecil. Salesma bisa menular lewat udara dan interaksi dengan orang yang menderita gangguan tersebut. Biasanya salesma disertai dengan batuk, demam dan si kecil cenderung ingusan. Segera tangani dengan benar dan perhatikan pola makan si kecil untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya.

Cacar Air

Cacar air ditandai dengan bintik-bintik merah berupa benjolan kecil berisi air yang muncul hampir di semua bagian tubuh. Biasanya kondisi badan si kecil panas demam akibat terjangkit virus. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab cacar air hanya menjangkit satu kali seumur hidup.

Cacingan

Penyakit menular yang selanjutnya yaitu cacingan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh tangan yang kotor langsung bersentuhan dengan makanan. Nah, untuk melakukan pencegahan penyakit ini maka biasakan untuk mengajarkan si kecil mencuci tangan dengan benar sebelum makan dan setelah bermain. Selain itu ajarkan juga kebiasaan cuci tangan dengan sabun setelah buang air.

Flu

Seperti halnya salesma, flu tergolong gangguan kesehatan ringan yang bisa menular. Perlu Anda ketahui bahwa virus flu bisa menular melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Virus flu sangat rentan menyerang anak-anak mengingat sistem kekebalan tubuhnya masih sangat lemah.

Tifoid atau Tipes

Jika si kecil menderita demam lebih dari tiga hari maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab demam yang terlalu lama bisa menjadi indikasi penyakit tipes. Penyakit tipes mudah sekali menyebar dan bisa menular lewat makanan yang tidak bersih. Maka dari itu, untuk mencegah penularan penyakit ini, perhatikan kebersihan lingkungan dan makanan yang dikonsumsi si kecil.

Related Posts

Share This