Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Pasca Melahirkan

Banyak perubahan yang akan terjadi pada ibu hamil, baik itu perubahan fisik maupun perubahan secara mental. Perubahan yang terjadi tentunya tidak lepas dari pengaruh hormone kehamilan yaitu hormone estrogen dan progesterone. Salah satu perubahan fisik yang seringkali menjadi permasalahan bagi ibu hamil yaitu kenaikan berat badan ataupun kondisi perut yang membuncit pasca melahirkan. Untuk mengembalikan stamina dan bentuk tubuh pasca melahirkan, ada salah satu cara yang  bisa Anda lakukan yaitu dengan rutin olahraga.

Selama menyusui atau pasca melahirkan, sebaiknya Anda tidak melakukan diet keras untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena akan berdampak negatif terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Olahraga pasca mealahirkan menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

Berikut Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Pasca Melahirkan

  1. Latihan dada

Salah satu jenis olahraga yang baik untuk wanita pasca melahirkan yaitu melakukan latihan dada. Olahraga jenis ini sangat efektif untuk mengencangkan kembali otot-otot payudara, meningkatkan produksi ASI dan memperlancar sirkulasi darah. Berikut cara-cara untuk melakukan latihan dada:

  • Posisikan tubuh dengan posisi duduk atau berdiri tegak, Kedua tangan saling berpegangan. Lalu angkat siku hingga sejajar dengan bahu.
  • Pegang tangan erat-erat, kemudian dorong jauh-jauh secara serentak/bersamaan. Usahakan supaya rileks dan ulangi gerakan ini berkali-kali.
  • Letakkan tangan Anda di belakang punggung, kemudian angkat hingga posisi tangan sejajar dengan kepala.
  1. Latihan untuk bagian pinggul, pinggang dan pantat

Latihan yang selanjutnya yaitu untuk mengembalikan kekencangan otot-otot pada bagian pantat, pinggul danpinggang.

  • Caranya yaitu dengan berbaring dengan posisi lutut ditekuk dan tangan direntangkan ke samping. Kemudian posisi kaki dan bahu lurus serta lutut rapat.
  • Putar bagian pinggang dan ayunkan kedua lutut hingga menyentuh lantai di sebelah kiri. Posisi pinggul sebelah kanan mengarah ke langit-langit. Ulangi beberapa kali secara bergantian.
  1. Latihan otot-otot perut

Latihan ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot yang kendur pada bagian perut. Namun latihan tersebut harus dilakukan setelah beberapa minggu melahirkan dan jangan melakukan latihan perut beberapa hari setelah melahirkan karena bisa membahayakan kesehatan Anda. Berikut cara untuk melakukan latihan perut:

  • Berbaringlah dengan lutut tertekuk, posisi telapak kaki merapat ke lantai dan jari-jari tangan berada di bagian perut. Angkat bagian kepala dan bahu sambil merasakan pergerakan otot-otot dibawah tangan. Jika semuanya terasa kencang maka hal tersebut menunjukan tanda-tanda yang baik.
  • Berbaringlah dengan posisi seperti pada poin pertama, namun silangkan tangan Anda diatas perut. Lalu tangan di bagian kiri pinggul dan sebaliknya. Kemudian tarik tangan dan angkat bagian bahu dan kepala. Ulangi latihan beberapa kali.
  • Berbaringlah dan letakkan tangan pada bagian tengah perut Anda. Lakukan pernafasan dengan santai dan rasakan perut Anda terangkat pada waktu bernafas. Hembuskan nafas secara perlahan sambil tarik perut Anda kuat-kuat untuk mengeluarkan napas sebanyak mungkin.

Demikian beberapa latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan otot-otot pada bagian perut dan pinggul. Lakukan olahraga ringan tersebut secara rutin dan teratur. Selain itu, untuk mengembalikan kebugaran tubuh sebaiknya didukung dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517