Jenis Olahraga atau Latihan Yang Bagus Untuk Kehamilan Anak Kembar

Wanita yang mengandung bayi kembar memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan wanita yang hamil pada umumnya. Hal ini karena nutrisi diperlukan untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil dan juga bayi kembar yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil bayi kembar harus teliti dan cermat dalam memilih jenis makanan supaya kebutuhan nutrisi untuk perkembangan bayi bisa tercukupi.

Jenis Olahraga Atau Latihan Yang Bagus Untuk Kehamilan Anak Kembar

 Ibu hamil yang mengandung anak kembar membutuhkan adaptasi ekstra dengan perubahan yang terjadi, baik itu perubahan mental ataupun perubahan fisik. Biasanya ibu hamil anak kembar akan mengalami gejala-gejala kehamilan yang sedikit berbeda. Salah satunya yaitu mual dan muntah yang parah dan rasa nyeri pada bagian punggung. Selain itu, ibu hamil kembar akan mengalami kondisi tubuh yang mudah lelah dan lebih beresiko terjadinya anemia. Oleh karena itu, ibu hamil anak kembar harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi supaya kehamilan berjalan lancar dan janin di dalam kandungan tetap sehat.

Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh dan Mendukung Perkembangan Janin Di Dalam Kandungan, Ada Beberapa Latihan Yang Bisa Dilakukan Oleh Ibu Hamil Anak Kembar

Melakukan latihan yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bagi ibu hamil anak kembar, melakukan latihan yoga secara rutin akan membantu mengurangi rasa lelah dan meregangkan otot-otot yang tegang. Selain itu, yoga bisa membuat ibu hamil lebih rileks dan nyaman dalam menjalani kehamilan. Akan tetapi bagi ibu hamil sebaiknya menghindari posisi berbaring terlentang. Posisi tersebut bisa menghambat aliran darah ke rahim sehingga bisa membahayakan kesehatan janin.

Berenang

Jenis olahraga selanjutnya yang bagus untuk ibu hamil anak kembar adalah berenang. Berendam di dalam air akan membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, dengan melakukan olahraga di dalam air akan terhindar dari resiko cedera dan menjaga suhu badan ibu hamil. Melakukan latihan berjalan di dalam air akan membantu ibu hamil dalam mengatasi rasa nyeri dan pegal akibat dari kehamilan anak kembar yang semakin membesar.

Berjalan kaki secara teratur dan rutin

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga ringan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi ibu hamil anak kembar jalan kaki akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan melancarkan pada waktu proses persalinan. Bagi ibu hamil disarankan untuk melakukan latihan ringan ini secara rutin dan teratur sehingga tidak menyebabkan kelelahan yang dapat membahayakan kesehatan janin. Untuk menghindari resiko cedera atau jatuh pada waktu berjalan kaki, sebaiknya melakukan latihan tersebut pada area yang datar dan hindari tanjakan karena bisa berbahaya bagi janin.

Melakukan Latihan pilatesn khusus ibu hamil

Latihan pilates akan memberikan dampak baik bagi ibu hamil yaitu menghilangkan perasaan yang stres akibat rasa sakit pada bagian panggul dan punggung. Supaya lebih aman dan nyaman dalam melakukan latihan tersebut sebaiknya mengikuti kelas khusus ibu hamil.

Melakukan latihan dasar panggul

Melakukan latihan dasar panggul secara rutin akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan atau keluhan seputar kehamilan yang ditimbulkan oleh perubahan hormon-hormon kehamilan. Selain itu, manfaat dari latihan panggul secara rutin dan teratur akan membantu dalam melancarkan proses persalinan, terutama bagi ibu hamil kembar.

Related Posts

Share This