Jenis Olaharaga Di Bulan Puasa Yang Efektif Dan Ideal

Memasuki bulan suci Ramadhan biasanya kebanyakan orang mulai mengurangi aktivitas fisik, termasuk salah satunya jarang berolahraga. Padahal sebenarnya menjaga kebugaran tubuh sangat penting untuk dilakukan kapan saja dengan rutin berolahraga. Pada bulan Ramadhan tidak ada larangan untuk berolahraga selama olahraga di bulan puasa tersebut tidak mengganggu atau tidak membatalkan.

Dalam hal ini sebaiknya kita berpikir lebih kreatif lagi untuk tetap menjaga kebugaran tubuh di bulan suci Ramadhan. Olahraga yang dilakukan di bulan puasa hendaknya disesuaikan porsinya sehingga hal ini tidak akan mempengaruhi jalannya puasa. Jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya yang bersifat ringan sehingga tidak mengganggu ibadah dan tidak menyebabkan kelelahan berlebih.

Menjaga kebugaran tubuh memang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur tentunya akan membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, dengan rutin berolahraga maka hal ini akan sangat mambantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik.

Olahraga yang bisa dilakukan pada bulan suci Ramadhan banyak sekali jenisnya. Dalam hal ini yang terpenting adalah bisa menyesuaikan jenis olahraga yang akan dilakukan sehingga nantinya memberi dampak positif untuk kesehatan tubuh tanpa membatalkan puasa. Lalu apa saja jenis olahraga di bulan puasa yang efektif dan ideal untuk dilakukan?

Berikut Ini Jenis Olahraga Di Bulan Puasa Yang Ideal dan Efektif

  1. Lari Santai

Salah satu jenis olahraga di bulan puasa yang bisa Anda lakukan yaitu diantaranya lari santai. Olahraga ringan ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga ini kurang lebih selama 30 menit saja dan jangan berlebihan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Jika dilakukan sewajarnya dan teratur tentunya akan memberikan dampak positif yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

  1. Bersepeda

Selanjutnya jenis olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu bersepeda. Lakukan olahraga ini dengan intensitas ringan atau olahraga santai. Jika dilakukan dengan baik dan benar maka hal ini bisa bermanfaat untuk membantu membakar kalori dan meningkatkan stamina tubuh sehingga akan tetap bugar selama menjalani ibadah puasa.

  1. Pilates

Senam pilates merupakan salah satu jenis olahraga yang hampir mirip dengan olahraga yoga. Manfaat dari olahraga ini tentunya untuk kebugaran tubuh dan juga memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas. Jenis olahraga ini tidak termasuk olahraga intensitas tinggi sehingga tidak akan menyebabkan haus dan lelah.

  1. Yoga

Dengan melakukan yoga secara rutin dan teratur tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan fit. Selai itu juga manfaat yoga untuk melatih otot-otot, melatih pernafasan, serta untuk meningkatkan konsentrasi. Pada waktu puasa sebaiknya hindari olahraga yoga di tempat yang bersuhu tinggi karena bisa berdampak negatif seperti haus dan dehidrasi.

  1. Sit-up atau Push-up

Sit-up dan push-up juga bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada waktu puasa Ramadhan. Selain ringan dan mudah untuk dilakukan, jenis olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh jika dilakukan secara rutin dan teratur tentunya. Sit-up dan push-up yang dilakukan secara teratur bisa membantu meningkatkan stamina pada waktu berpuasa.

Demikian beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan pada waktu berpuasa. Intensitas olahraga pada waktu puasa sebaiknya hanya dilakukan sekitae 30 menit saja dan jangan berlebihan karena berisiko dehidrasi dan mengganggu jalanna ibadah puasa. Lakukan secara rutin dan teratur sehingga manfaatnya akan terasa dengan baik.

Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan olahraga di bulan puasa jika kondisinya tidak memungkinkan. Olahraga ditujukan untuk menjaga kebugaran tubuh bukan untuk membuat tubuh menjadi lelah. Jika kondisi tubuh mulai tidak membaik maka sebaiknya hentikan proses olahraga dan istirahat.

Olahraga pada waktu puasa tepatnya bisa dilakukan pada pagi hari supaya kondisi udara masih sangat sejuk sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Hindari olahraga siang hari karena berisiko menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Semoga ulasan artikel mengenai jenis olahraga di bulan puasa ini bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga kebugaran tubuh selam menjalankan ibadah Ramadhan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517