Jenis Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui Yang Aman

Seperti halnya pada waktu hamil, ketika menjalani proses menyusui juga Anda harus lebih selektif dan berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Bahkan alangkah lebih baiknya jika obat-obatan yang mengandung bahan kimia dihindari selama proses tersebut. Walaupun dalam dosis rendah, kandungan bahan aktif dari obat-obatan akan berdampak terhadap bayi yang diserap melalui ASI. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas sedikit tentang jenis obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dan alami.

Gangguan kesehatan memang tidak bisa diprediksi dan bisa datang kapan saja. Salah satu gangguan kesehatan ringan yang mungkin terjadi ketika menyusui yaitu batuk. Meskipun bukan merupakan penyakit, namun batuk akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalani aktivitas menyusui bayi. Maka dari itu, kondisi tersebut sebaiknya segera ditangani dengan benar.

Beberapa Jenis Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai obat batuk alami pada waktu menyusui. Penggunaan bahan alami ini tentunya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping terhadap kesehatan bayi. Bawang putih berguna sebagai mukolitik yang berfungsi dalam mengencerkan dahak pada tenggorokan. Dalam hal ini Anda bisa mengkonsumsi bawang putih ketika makan.

Asam Jawa

Batuk berdahak pada waktu menyusui bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi asam jawa. Anda bisa meracik sendiri dengan menambahkan gula merah. Seperti halnya bawang putih, asam jawa berfungsi sebagai mukolitik untuk mengencerkan dahak. Untuk menyembuhkan batuk, minum ramuan ini secara teratur.

Jahe dan Kencur

Menurut sebuah riset menemukan bahwa jahe dan kencur bisa dijadikan sebagai oabt batuk berdahak karena berguna dalam mengencerkan dahak. Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa memanggang jahe/kencur kemudian dimemarkan dan diseduh dengan air hangat. Supaya rasanya lebih enak, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam teh panas.

Daun Kemangi

Tanaman yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk penyedap makanan dan juga dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Namun ternyata kemangi juga bisa digunakan sebagi obat batuk alami yang aman dan tanpa efek samping. Anda bisa merebus daun kemangi dan air rebusan tersebut diminum. Bisa juga daun kemangi dikunyah langsung.

Anggur Hijau

Konsumsilah buah anggur untuk meredakan batuk saat hamil. Selain baik untuk tubuh karena mengandung banyak nutrisi. Kandungan senyawa pada buah anggur bisa meredakan dan menyembuhkan keluhan batuk yang Anda alami.

Kangkung

Mungkin banyak yang tidak menduga bahwa ternyata kangkung bisa dijadikan sebagai obat untuk meredakan batuk saat menyusui. Kandungan antihistamin pada kangkung berguna untuk menenangkan dan membuat tidur Anda nyenyak di malam hari.Dengan begitu batuk yang Anda alami akan sembuh secara perlahan dengan kualitas istirahat yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517