Jenis Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin. Jika sakit yang diderita hanya bersifat ringan sebaiknya ibu hamil menghindari obat-obat warung. Lalu bagaimana jika ibu hamil menderita batuk? Apa obat batuk untuk ibu hamil yang aman?

Keluhan batuk pada waktu hamil tentunya sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam beraktivitas. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian dan penanganan serius supaya tidak akan berdampak terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Namun dalam mengatasi keluhan batu sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan.

Walapun menggunakan ramuan alami, namun penanganan batuk pada ibu hamil harus memperhatikan jenis batuk tersebut. Hal ini untuk memudahkan proses penyembuhan dan pemilihan obat yang tepat. Obat batuk alami untuk ibu hamil dikelompokan berdasarkan jenis batuk yang di derita. Berikut penjelasannya!

Obat Batuk Kering

Jenis batuk bermacam-macam, salah satunya yaitu batuk kering. Penanganan untuk batu kering tentunya berbeda dengan jenis batuk yang lainnya sehingga ramuan herbal yang digunakan juga tentunya memiliki perbedaan. Berikut ini beberapa obat alami untuk mengobati batuk kering pada ibu hamil:

  • Daun kemangi

Untuk meredakan batuk kering pada ibu hamil, gunakan daun kemangi. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebusnya kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur. Daun kemangi memiliki sifat antitussive dan dekongestan yang berkhasiat untuk mengatasi gatal penyebab batuk di tenggorokan.

  • Garam

Mungkin sekilas terdengar aneh, namun ternyata garam berkhasiat untuk mengatasi batu kering pada ibu hamil. Garam memiliki sifat antiimflamasi dan antiseptic yang berguna dalam membunuh bakteri serta virus. Gunakan air garam untuyk berkumur.

  • Kangkung
Baca Juga:  Anda Wajib Memahami Penyebab dan Tanda Janin Tidak Berkembang

Kangkung mengandung antihistamin yang berfungsi sebagai penenang. Konsumsilah kangkung ketika Anda mengalami batu kering dan kesulitan untuk tidur di malam hari.

Obat Batuk Berdahak

Adapun ramuan herbal untuk mengatasi batuk berdahak  pada ibu hamil yaitu sebagai berikut:

  • Asam jawa

Untuk membuat ramuan ini sangat mudah. Caranya yaitu rebus asam dengan campuran gula jawa kemudian aduk hingga merata. Saring air rebusan tersebut dan minum secara rutin. Ramuan herbal ini sangat efektif untuk mengatasi batuk berdahak pada waktu hamil karena lberifat sebagai ekspektoran.

  • Jahe dan kencur

Ramuan herbal ini bersifat sebagai ekspektoran dan mukolitik untuk mengatasi batuk berdahak. Rempah tersebut memberikan rasa hangat pada tenggorokan dan dada. Cara membuatnya sangat mudah yaitu panggang jahe dan kencur, lalu memarkan dan masukan ke dalam teh hangat.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa berfungsi sebagai mukolitik dan ekspektoran untuk meredakan batuk. Anda bisa mengkonsumsi rempah ini dengan dicampur makanan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menghadapi keluhan batuk dan mengganggu kenyamanan dalam menjalani kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517