Jenis Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Menjalani masa kehamilan memang bukan perkara yang mudah. Dalam hal ini dibutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Disamping itu, ibu hamil harus senantiasa berhati-hati dalam memilih jenis makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi sehari-hari. Ibu hamil tidak boleh sembarangan karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Penting mengetahui jenis makanan dan minuman untuk ibu hamil yang dilarang.

Pada dasarnya minuman untuk ibu hamil yang dilarang bukan tanpa alasan. Hal ini jika ditinjau dari segi medis bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin. Nah, lalu apa saja jenis minuman yang dilarang untuk ibu hamil? Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

Minuman Bersoda

Salah satu jenis minuman yang dilarang saat hamil yaitu minuman bersoda. Larangan untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda bukan tanpa alasan. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan, kafein, pengawet, asam posfat dan karbonat. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil maka sangat beresiko menyebabkan cacat pada bayi, penyakit diabetes gestational, menghambat penyerapan kalsium dan obesitas. Sebisa mungkin sebaiknya Anda menghindari minuman bersoda selama hamil.

Minuman Beralkohol

Minuman jenis ini tidak hanya dilarang bagi ibu hamil, akan tetapi bagi semua orang. Minuman beralkohol bisa membahayakan kesehatan. Jika dikonsumsi pada waktu hamil maka akan menyebabkan bayi lahir cacat dan kelahiran prematur. Bahkan jika pada usia kehamilan tahap awal bisa menyebabkan keguguran.

Teh

Ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi teh. Hal ini karena senyawa di dalam teh bisa menghambat proses penyerapan zat besi. Jika hal itu terjadi tentunya akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Tanin merupakan zat yang bisa menghambat penyerapan zat besi.

Kopi

Kopi sebaikya dihindari pada waktu hamil. Meskipun bahayanya tidak secara langsung, namun efek samping kopi bisa berdampak terhadap perkembangan janin. Kandungan kafein pada kopi bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, memperberat kinerja ginjal dan berbahaya bagi jantung.

Air es

Jangan terlalu sering mengkonsumsi air es pada waktu hami. Kalau bisa sebaiknya Anda menfhindari konsumsi air es. Perlu Anda ketahui bahwa air es bisa menyebabkan volume air ketuban meningkat sehingga akan berdampak buruk terhadap penyerapan nutrisi bagi janin.

Susu

Susu termasuk minuman sehat, namun susu menjadi salah satu minuman yang dilarang bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Susu yang dilarang bagi ibu hamil yaitu jenis susu yang tidak melalui proses pateurisasi. Sebab jika tidak melalui proses tersebut dikhawatirkan terjadi infeksi bakteri. Maka dari itu pilihlah produk susu yang sudah terpasteurisasi.

Itulah daftar minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dalam menunjang kehamilan yang sehat. Berhati-hatilah dalam memilih jenis makanan maupun minuman supaya perkembangan janin tidak terganggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517