Jenis Makanan Yang Menyebabkan Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil merupakan salah satu hal yang normal sebagai bentuk pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh. Pengeluaran zat sisa dan racun dari dalam tubuh melalui beberapa cara yaitu keringat dan juga bunag air kecil. Akan tetapi jika sering buang air kecil tentunya akanĀ  mengganggu kenyamanan dan menjadi indikasi adanya kelainan pada tubuh. Sering buang air kecil bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Terlalu banyak minum atau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air seringkali menyebabkan buang air kecil dengan intensitas lebih sering. Nah, berikut ini penulis merangkum beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab sering buang air kecil. Simak ulasan berikut ini.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil

Cokelat

Semua orang menyukai makanan yang satu ini karena rasanya enak dan lezat. Bahkan salah satu manfaat cokelat yaitu bisa melancarkan sirkulasi darah. Namun ternyata mengkonsumsi cokelat juga bisa menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini karena cokelat memiliki kandungan zat yang bisa menghambat penyerapan air di dalam tubuh dan mengganggu kinerja ginjal.

Jus Buah

Tanpa disadari ternyata jus buah bisa menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini karena buah mengandung sorbitol atau glusitol. Nah, glusitol tersebut mertupakan gula alkohol yang sebenarnya dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh. Selain itu, glutisol dan sorbitol bersifat diuretic didalam sistem tubuh sehingga hal ini akan menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari. Akan tetapi minuman bersoda bisa menjadi salah satu penyebab sering buang air kecil karean mengandung zat yang bisa mengganggu kinerja ginjal dan bahkan menyebabkan iritasi pada ginjal.

Minuman Berkafein

Kopi maupun teh merupakan salah satu jenis minuman yang bisa menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini karena minuman tersebut memiliki kandungan kafein yang bisa mempengaruhi hormone anti diuretic sehingga penyerapan air terganggu. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengontrol konsumsi kopi supaya tidak menyebabkan beser.

Minuman Beralkohol

Seperti halnya kafein, alkohol juga bisa mengganggu kinerja hormone anti diuretic sehingga memicu untuk selalu buang air kecil. Maka dari itu sebaiknya jauhi minuman yang satu ini karena memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Deplesi Garam

Deplesi atau hilangnya garam dalam tubuh bisa mengakibatkan sering buang air kecil. Kondisi deplesi garam sering terjadi setelah melakukan olahraga yang menyebabkan banyak keluar keringat.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab Anda dering buang air kecil. Cara mengatasinya yaitu dengan membatasi konsumsi makanan tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517