Jenis Makanan Yang Mempengaruhi Kualitas ASI

Menyusui merupakan salah satu tugas seorang ibu guna menunjang tumbuh kembang bayi. Menyusui dilakukan sebagai upaya untuk memberikan asupan makanan dan nutrisi. Dalam proses menyusui seringkali ibu hamil menghadapi berbagai macam kendala seperti kuantitas dan kualitas ASI yang rendah.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui secara tidak langsung akan mempengaruhi produksi ASI. Setiap jenis makanan tentunya bisa berdampak terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Dalam hal ini ibu menyusui harus lebih selektif untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi selama menjalani proses penting tersebut.

Ibu menyusui harus mengetahui jenis makanan yang harus dihindari dan harus dikonsumsi. Secara umum makanan yang dianjurkan pada waktu menyusui adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi untuk menunjang perkembangan bayi.

Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang lebih bervariasi. Tujuannya tidak lain yaitu untuk meningkatkan kualitas dan memperkaya nutrisi dari ASI. Dengan mengkonsumi makanan bergizi selama menyusui maka bayi akan memperoleh nutrisi untuk proses tumbuh kembangnya.

Selain makanan bergizi, ibu menyusui juga harus mengetahui jenis makanan yang harus dihindari guna menjaga kualitas ASI untuk si kecil. Lalu apa saja jenis makanan yang harus dihindari pada waktu menyusui? Berikut ulasannya!

  • Makanan pedas

Salah satu makanan yang harus dihindari saat menyusui yaitu jenis makanan dengan citarasa pedas. Perlu Anda ketahui bahwa makanan dengan citarasa pedas bisa mempengaruhi ASI. Selain rasa ASI, makanan pedas juga bisa menghambat kualitas serta kuantitas ASI. Mengkonsumsi makanan pedas selama menyusui bisa menyebabkan diare.

  • Makanan/minuman yang mengandung kafein

Selama proses menyusui sebaiknya Anda mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau minuman bersoda. Dampak buruk minuman berkafein terhadap bayi yaitu bisa menyebabkan masalah pada saluran pencernaan dan menjadikan bayi lebih rewel.

  • Makanan yang mengandung merkuri

Merkuri merupakan salah satu zat berbahaya bagi kesehatan. Biasanya makanan yang sangat rentan tercemar merkuri adalah ikan. Nah, maka dari itu ibu menyusui hendaknya lebih selektif untuk memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi. Pilihlah jenis ikan seperti salmon ataupun tuna.

  • Minuman dingin

Minuman dingin selama menyusui sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mengapa demikian? Perlu Anda ketahui bahwa minuman dingin akan berdampak terhadap kuantitas dan kualitas ASI yang dihasilkan. Minuman dingin sangat beresiko menyebabkan penyakit asma pda ibu menyusui dan bayi.

  • Pemanis buatan

Hindari konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan, akan tetapi makanan dengan pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan Anda dan si kecil. Konsumsilah makanan dengan pemanis alami seperti buah-buahan.

Related Posts

Share This