Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tentunya harus lebih berhati-hati dalam segala hal. Salah satunya dalam pemilihan jenis makanan. Hipertensi tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsi makanan sebab hal ini akan sangat berisiko sekali terhadap tekanan darah yang mungkin saja akan terus meningkat. Kondisi seperti ini jelas akan sangat membahayakan sekali sehingga jangan menyepelekan pola makan.

Pada dasarnya timbul tekanan darah tinggi berasal dari kebiasaan pola hidup sehari-hari. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi tentunya menjadi salah satu penyebab timbulnya tekanan darah tinggi. Bahkan penyuka makanan berlemak sangat rentan sekali terkena gangguan kesehatan seperti ini.

Inilah Beberapa Pantangan Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Hipertensi

Supaya terhindar dan mengatasi gangguan tekanan darah tinggi yang lebih parah maka sebaiknya konsumsi jenis makanan yang tepat dan hindari makanan penyebab. Dengan kata lain harus bisa mengontrol dan membatasi jenis makanan yang sekiranya dianggap akan meningkatkan tekanan darah secara drastis.

Lalu apa saja jenis makanan yang berguna untuk meningkatkan tekanan darah tinggi yang sebaiknya dihindari? Perhatikan beberapa jenis makanan yang dilarang berikut ini!

Hindari Jenis Makanan Asin

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi sebaiknya dihindari dan dibatasi konsumsinya. Hal ini karena garam menjadi penyebab utama tekanan darah mengalami peningkatan yang signifikan. Sebaiknya penderita hipertensi untuk mengkonsumsi jenis makanan yang minim dengan kandungan garam.

Hindari Makanan Lemak Jenuh

Hindari juga jenis makanan yang mengandung lemak jenuh. Misalnya saja daging sapi, minyak sawit, domba sangat tidak dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Jenis makanan tersebut akan memperburuk tekanan darah dan bahkan meningkat secara drastis. Sebaiknya hindari terlebih dahulu hingga kondisi benar benar membaik.

Baca Juga:  Cerdas Dalam Memilih Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Makanan Manis Tinggi Gula

Mengapa makanana manis dilarang? Hal ini karena makanan manis sangat rentan sekali terhadap peningkatan kenaikan berat badan berlebih. Seperti yang kita ketahui bahwa timbulnya tekanan darah tinggi bisa berasal dari berat badan yang tidak stabil sehingga lemak menyempitkan sirkulasi darah.

Hindari Fast Food

Jangan membiasakan konsumsi fast food dan softdrink. Hal ini karena dalam makanan tersebut terdapat kandungan garam tinggi dan juga mengandung gula tinggi. Oleh karena itu sebaiknya batasi atau bahkan jauhi. Konsumsi makanan yang lebih sehat.

Hindari Rokok dan Alkohol

Kedua jenis kebiasaan minum dan merokok menjadi salah satu kandidat kuat penyebab tekanan darah tidak stabil. Bahkan kebiasaan merokok menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga tekanan tidak stabil dan timbulah hipertensi.

Jangan Memperbanyak Konsumsi Kentang Goreng

Biasanya saat pergi ke rumah makan cepat saji maka yang pertama kali akan dicari adalah kentang goreng. Jenis makanan seperti kentang goreng ini sebaiknya jangan terlalu banyak dikonsumsi sebab mengandung lemak jahat dan juga kandungan garam tinggi.

Kopi

Kopi memang sangat nikmat untuk teman di pagi hari. Namun tentunya untuk minum kopi juga harus terkondisi. Dalam artian jangan berlebihan sebab hal ini bisa sangat merugikan kesehatan. Kandungan kafein kopi sangat rentan sekali untuk menimbulkan tekanan darah tinggi.

Nah, demikian beberapa jenis sumber makanan yang sebaiknya dihindari oleh semua penderita hipertensi dan bahkan untuk dijauhi kita semua. Jangan sampai baru sadar dengan kondisi tersebut setelah terkena gangguan kesehatannya. Semoga ulasan singkat dari artikel ini bisa menjadi referensi yang sangat bermanfaat untuk panduan pola hidup sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517