Jenis Makanan Yang Bermanfaat Untuk Mencegah Kekentalan Darah

Kesehatan darah maupun sirkulasi darah sangat penting untuk dijaga guna menghindari gangguan kesehatan tubuh. Darah merupakan salah satu komponen didalam tubuh berupa cairan berwarna merah yang memiliki fungsi sangat vital untuk mendukung kinerja semua organ-organ tubuh. Pentingnya menjaga kesehatan darah memang tidak boleh diabaikan sebab jika kesehatan darah terganggu maka kemungkinan bisa memicu berbagai penyakit berbahaya didalam tubuh. Bahkan jika terjadi penggumpalan darah akibat kekentalan darah tak terkendali maka hal ini akan sangat membahayakan kesehatan.

Jika terjadi kekentalan darah yang berlebih maka hal ini sangat rentan memicu terjadinya gumpalan darah. Nah, jika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga memicu terjadinya penyakit stroke ataupun serangan jantung yang sangat membahayakan. Bahkan pada kondisi yang sangat buruk bisa mengakibatkan kematian. Hal ini tentunya tidak boleh diabaikan dan sebaiknya ketahui cara untuk mencegah terjadinya kekentalan darah.

Penyebab terjadinya proses darah mengental bisa karena faktor penyakit, gaya hidup, genetic dan lain sebagainya. Bahkan bagi Anda yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya mulai menghindari hal tersebut karena bisa memicu terjadinya proses kekentalan darah.

Dalam upaya untuk menghidari pengentalan darah yang bisa membahayakan kesehatan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, menghindari kebiasaan buruk sehari-hari atau mengkonsumsi ramuan herbal yang berupa rempah rempah dapur berkhasiat. Apa saja jenis rempah yang bermanfaat untuk mencegah proses pengentalan darah? Berikut ini penjelasannya!

Beberapa Jenis Makanan Untuk Mencegah Kekentalan Darah

Kunyit

Salah satu jenis makanan yang berguna untuk mencegah proses pengentalan darah yaitu kunyit. Mungkin jenis rempah yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena sering digunakan sebagai bumbu masakan bahkan paling popular digunakan untuk nasi kuning. Mengapa kunyit berkhasiat untuk mencegah proses darah mengental? Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti pembekuan darah dengan menghambat trombosit sehingga tidak terjadi penggumpalan.

Jahe

Jenis rempah selanjutnya yang berguna yaitu jahe. Kandungan asam salisilat dan vitamin K pada jahe bisa mempengaruhi pembekuan darah. Dengan begitu maka risiko penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung bisa ditanggulangi dengan sangat mudah.

Cabe Rawit

Kecil-kecil cabe rawit memang sebuah istilah yang menggambarkan pedasnya cabe. Meskipun ukurannya kecil namun rasa pedas dari cabai memang sangat luar biasa. Bahkan meskipun ukurannya kecil, cabai memiliki khasiat yang luar biasa dalam mencegah proses pengentalan darah. Seperti halnya jahe, cabai rawit juga mengandung asam salisilat dan juga vitamin K yang bisa menghambat penggumpalan trombosit.

Kayu Manis

Rempah yang kaya aroma dan biasa digunakan untuk penyedap makanan ini memiliki kandungan coumarin yang merupakan antikoagulan. Ternyata kayu manis memiliki efek yang lebih hebat jika dibandingkan dengan makanan lain dalam hal mencegah terjadinya penggumpalan darah. Bahkan kayu manis juga memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan sendi.

Bawang Putih

Yang selanjutnya untuk mencegah pengentalan darah yaitu dengan mengkonsumsi bawang putih. Perlu diketahui bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengencerkan kekentalan darah. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin yang sangat bermanfaat.

Nah, demikian beberapa jenis makanan berupa rempah dapur yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Penggumpalan darah bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan jarang olahraga. Oleh karena itu dalam upaya untuk mencegah terjadinya penyempitan sirkulasi darah sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan yang bergizi.

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka hal ini sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya termasuk pengentalan darah yang sangat membahayakan kesehatan tubuh. Gaya hidup sehat emnjadi salah satu kunci sukses untuk hidup yang lebih baik. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya termasuk kekentalan darah yang sangat membahayakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam upaya untuk mencegah proses pengentalan darah dan mencegah penyakit berbahaya lainnya yang sangat berbahaya. Rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat untuk hidup yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517