Jenis Makanan Yang Beresiko Meningkatkan Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa terjadi akibat banyak faktor seperti mengangkat beban berat ataupun kecapean. Terlebih lagi bagi Anda pekerja berat maka nyeri sendi akan terjadi kapan saja. Pada dasarnya nyeri sendi bisa diatasi dengan melakukan olahraga rutin, konsumsi makanan sehat dan menghindari obat-obatan. Akan tetapi ternyata tidak semua jenis makanan baik untuk sendi. Justru ada jenis makanan tertentu yang meningkatkan resiko nyeri sendi.

Nyeri sendi memang bisa dipengaruhi oleh banyak hal, baik itu yang bersifat internal dan eksternal. Faktor internal mencakup hormone, sedangkan faktor eksternal meliputi jenis makanan, aktivitas terlalu berat dan jarang berolahraga. Nah, berikut ini yang akan penulis bahas yaitu jenis makanan yang bisa meningkatkan resiko nyeri sendi.

Inilah Daftar Makanan Yang Meningkatkan Resiko Nyeri Sendi

  1. Telur

Salah satu jenis makanan yang meningkatkan nyeri sendi yaitu telur. Padahal sebenarnya telur termasuk makanan sehat untuk tubuh, namun kandungan asam arakidonat pada telur bisa meningkatkan hormone prostaglandin yang mengakibatkan terjadinya peradangan didalam tubuh. Disamping itu, kandungan lemak jenuh sangat berpengaruh terhadap nyeri sendi.

  1. Olahan Dari Daging Merah

Olahan daging merah ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Adanya kandungan zat kimia berbahaya seperti purin dan nitrit akan menyebabkan peradangan didalam tubuh dan kandungan zat glycan  memicu kanker.

  1. Olahan Susu

Pada dasarnya susu merupakan jenis minuman sehat untuk tubuh. Tetapi ternyata susu dan olahan susu bisa meningkatkan nyeri sendi. Hal ini karena susu mengandung kasein protein yang bisa memicu terjadinya peradangan. Bagi Anda penderita nyeri sendi kronis sebaiknya menghindari produk olahan susu pastuerisasi. Pilihlah jenis susu kedelai atau almond supaya tidak meningkatkan peradangan pada sendi.

  1. Minyak Jagung

Minyak jagung tinggi akan kandungan asam lemak omega-6 yang bisa memicu tubuh untuk menghasilkan pro-inflamasi. Nah, zat tersebut yang menyebabkan nyeri sendi dan memperparah nyeri sendi pada penderita sebelumnya.

  1. Gula Buatan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, kadar gula tinggi bisa memicu terjadinya peradangan sehingga menimbulkan nyeri sendi. Bahkan gula bisa memicu pelepasan zat imflamasi yaitu sitokin sehingga memperparah nyeri pada sendi.

Demikian jenis makanan yang sebaiknya Anda kontrol karena bisa memingkatkan nyeri sendi. Konsumsilah makanan tersebut secara bijak sehingga akan meminimalisir nyeri sendi. Jika nyeri sendi Anda otergolong kronis maka sebisa mungkin untuk menghindari jenis makanan tersebut.

Beberapa jenis makana  yang disebutkan diatas memang beresiko memperparah nyeri pada sendi. Supaya persendian tetap sehat, lakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517