Jenis Makanan Untuk Meredakan Demam Pada Anak

Demam pada anak merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling rentan terjadi. Terlebih lagi dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti saat ini maka semakin meningkatkan potensi anak terkena demam.

Pada dasarnya demam bukan merupakan penyakit melainkan pertanda akan adanya penyakit yang menginfeksi anak. Faktor penyebab demam pada anak memang beragam seperti infeksi virus, peradangan dan cuaca yang ekstrim.

Meskipun bukan tergolong penyakit yang bisa membahayakan anak, namun demam akan mengganggu kenyamanan anak sehingga beresiko terhadap tumbuh kembangnya. Maka dari itu, gangguan kesehatan ringan ini sebaiknya segera ditangani dengan tepat supaya tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

Jika anak demam maka segala aktivitasnya bisa terganggu termasuk kegiatan belajar disekolah. Hal ini tentunta akan menurunkan prestasi anak. Segeralah tangani demam dengan cara yang benar. Lalu bagaimana cara efektif untuk meredakan demam? Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi yaitu dari kelompok buah-buahan.

Berikut Jenis Makanan Untuk Meredakan Demam Anak

  1. Sayur Lobak

Salah satu jenis makanan untuk meredakan demam pada anak yaitu sayur lobak. Ketika si kecil terkena demam maka cobalah untuk menyajikan makanan ini dengan berbagai olahan. Sayur lobak bisa membantu mengatasi peradangan pada saat demam.

Sayur lobak mengandung nutrisi seperti zat anti imflamasi, vitamin C dan antioksidan alami untuk membantu mengatasi paeradangan dan menurunkan demam pada anak. Bahkan sayur lobak bermanfaat dalam meningkatkan imun anak sehingga nantinya lebih kebal terhadap infeksi penyakit.

Sajikan sayur lobak selagi hangat untuk membantu meredakan gejala demam pada anak Anda. sayur lobak bisa menjadi menu makan siang atau malam bagi si kecil ketika demam. dalam emmbuat sayur lobak Anda bisa mengkombinasikan dengan jenis sayuran lain seperti wortel dan daging ayam.

Pada dasarnya lobak bisa Anda olah menjadi sayur sup yang lezat dan kaya manfaat untuk membantu mengembalikan stamina dan kesehatan si kecil. Sayur ini juga bisa menjadi menu makanan untuk membantu pemulihan kesehatan anak pasca sakit.

  1. Buah Semangka

Nah, jenis makanan yang selanjutnya yaitu buah semangka. Buah yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi dan tentunya mengandung banyak air. Kandungan nutrisi pada semangka diantaranya yaitu vitamin C, betakaroten dan nutrisi penting lainnya.

Manfaat dari buah  semangka ini bisa membantu mengatasi peradangan dan menurunkan demam pada anak. Bahkan kandungan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun anak.  Selain itu, kandungan airnya akan menghindarkan si kecil dari dehidrasi ketika demam.

Itulah beberapa jenis makanan yang berguna dalam meredakan demam pada anak. Jika kondisi demam tak kunjung membaik maka segera bawa si kecil ke dokter.

Related Posts

Share This