Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Yang Ampuh

Kolesterol dikelompokan menjadi dua yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Bahaya yang sering mengintai kesehatan yaitu akibat terjadi penumpukan kolesterol jahat didalam tubuh. Bahkan resiko penyakit akibat kolesterol jahat terbilang sangat mengerikan. Salah satunya yaitu penyakit jantung dan stroke. Nah, maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang jenis makanan untuk menurunkan kolesterol.

Ada beberapa jenis makanan yang terbilang ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit didalam tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi akan membuat tubuhb kelebihan kolesterol sehingga dengan mudah akan memicu penyakit berbahaya. Adapun jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yaitu sebagai berikut.

  1. Makanan Yang Mengandung Serat Larut

Salah satu jenis makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu makanan yang mengandung serat larut seperti kedelai dan jeruk. Serat larut merupakan salah satu jenis nutrisi yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Dalam hal ni serat larut akan memblokir atau menghambat kolesterol sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh melalui aliran darah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jenis serat larut yang direkomendasikan salah satunya buah jeruk dan kedelai. Hal ini karena jeruk mengandung serat larut dengan kadar yang sangat tinggi. Begitupun dengan kedelai mengandung serat larut tertinggi dibandingkan jenis kacang lainnya.

  1. Lemak Ikan

Makanan penurun kolesterol selanjutnya yaitu lemak ikan. Adapun lemak ikan yang direkomendasikan bisa diperoleh dari ikan makarel dan salmon. Ikan jenis ini mengandung asam lemak dengan kadar yang cukup tinggi dan merupakan lemak tak jenuh yaitu omega-3.

Omega-3 merupakan zat yang sangat efektif dalam menurunkan lemak didalam darah yang dikenal dengan istilah trigliserida. Oleh karena itu untuk mengatasi kolesterol jahat sebaiknya konsumsi ikan salmon dan makarel secara teratur.

  1. Makanan Dengan Lemak Sehat

Lemak jahat bisa Anda lawan dengan lemak baik atau sehat. Nah jenis makanan yang mengandung lemak sehat diantaranya yaitu buah alpukat, minyak zaitun dan minyak canola. Dengan konsumsi jenis makanan tersebut maka akan membantu untuk melawan kolesterol jahat yang menumpuk didalam tubuh.

  1. Jenis Kacang-kacangan

Kelompok kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kolesterol dari dalam tubuh. Salah satunya yang dianjurkan yaitu kacang pistachio dan walnut. Menurut riset menunjukan bahwa jenis kacang tersebut mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat efektif dalam menurunkan LDL bagi yang memiliki kolesterol tinggi.

Selain dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas, imbangi juga dengan melakukan olahraga secara teratur. Penerapan pola hidup sehat menjadi kunci sukses untuk hidup yang lebih sehat. Penuhi juga kebutuhan cairan sehari-hari dengan konsumsi air putih. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517