Jenis Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan

Lesu dan letih merupakan salah satu kondisi yang menggambarkan tubuh Anda ketika sedang lemah atau kelelahan. Kondisi tersebut bisa berkaitan dengan kelelahan secara fisik ataupun mental. Gejala kelelahan memang sedikit berbeda dengan ngantuk. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kelelahan?

Faktor penyebab kelelahan dasngat beragam yaitu kondisi medis, masalah psikologi dan gaya hidup. Bahkan kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat, kurang tidur, kurang aktif dan kebiasaan buruk lainnya menjadi penyebab yang paling signifikan terhadap kelelahan.

Gangguan kesehatan mental seperti depresi, sedih, stres dan kecemasan menjadi faktor pemicu timbulnya kelelahan. Bahkan kondisi medis tertentu yaitu penyakit ginjal, gagal hati, anemia, kanker, obesitas dan diabetes menjadi salah satu pemicu kelelahan.

Gejala utama dari kelelahan yaitu letih, lesu setelah melakukan aktivitas fisik dan mental. Disisi lain kelelahan juga menyebabkan nafsu makan menurun, sakit kepala, pusing, sulit berkonsentrasi dan kekurangan energi.

Konsumsi Makanan Berikut Ini Untuk Mengatasi Kelelahan

Oatmeal

Salah satu jenis makanan yang berguna untuk membanktu mengatasi kelelahan yaitu oatmeal. Makanan yang satu ini kaya akan akndungan karbohidrat yang berkualitas. Dengan begitu maka akan disimpan didalam tubuh sebagai glikogen sehingga hal ini menyediakan cadangan untuk otot dan otak.

Pisang

Kandungan kaliummenjadi salah satu komponen penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Disamping itu, pisang juga kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, omega-3, lemak, omega-6 karbohidrat dan serat. Nah, nutrisi tersebut bermanfaat dalam mengatasi kelelahan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Biji Labu

Siapa sangka ternyata biji lanu bermanfaat untuk cemilan sehat dalam mengatasi kelelahan. Hal ini karena biji labu mengandung omega-3, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, zat besi, posfor, magnesium dan mangan. Nah jenis nutrisi tersebut efektif untuk mengatasi kelelahan dan menghasilkan energi tubuh.

Green Tea

Secangkir green tea bis membantu membuat pikiran Anda mendaji lebih rileks. Green tea bisa menjadi salah satu mimuman sehat dalam mengatasi kelelahan. Hal ini karena green tea mengandung polifenol untuk menguragi stres, meningkatkan fokus mental dan meningkatkan energi.

Yoghurt

Minuman fermentasi yoghurt kaya akan kandungan karbohidrat, protein dan tentunya probiotik. Dengan minum yoghurt maka bisa membantu mengatasi kelelahan dan bahkan bisa menghasilkan energi baru.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan disebut sebagai makanan ajaib karena mengandung nutrisi yang melimpah. Kandungan nutrisi pada kacang-kacangan diantaranya yaitu kalium, magnesium, posfor, zat besi, tembaga, protein dan karbohidrat kompleks yang bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Komposisi nutrisi pada kacang-kacangan akanĀ  memberikan energi yang tahan lama sehingga menghindarkan Anda dari kelelahan.

Bayam

Bayam memang terkenal dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Nah, zat besi berfungsi dalam membantu produksi sel darah merah sehingga memberikan aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517