Jenis Makanan Untuk Membantu Menaikkan Berat Badan Anak

Berat badan ideal adalah salah satu hal yang penting bagi setiap orang tak terkecuali anak-anak. Menjaga berat badan ideal memang bukan hal yang gampang. Namun jika dilakukan dengan cara yang benar, menaikkan berat badan dan menjaga berat badan ideal bukanlah hal yang sulit. Perhatikan konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Lalu bagaimanan cara untuk menaikkan berat badan anak?

Menaikkan berat badan anak bisa dilakukan dengan cara yang terbilang sangat mudah yaitu memberikan asupan makanan yang bergizi setiap harinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan adalah salah satu hal yang sangat mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak. Jika asupan makanan bergizi terjaga dengan baik maka si kecil akan tumbuh dengan baik secara fisik dan mental. Jangan mengabaikan akan pentingnya makanan bergizi.

Daftar Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk diperoleh. Bahkan harganya juga sangat terjangkau. Buah alpuat memiliki daging buang yang sangat lembut jika sudah matang. Buah yang satu ini bisa dijadikan salah satu menu makanan sehat untuk membantu menaikkan berat badan anak.

Alpukat termasuk salah satu jenis buah yang tinggi kalori, kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan asam folat yang baik untuk kesehatan. Nah, untuk menaikkan berat badan anak maka berikan buah alpukat secara rutin dan teratur dalam menu makanan sehari-hari. Jika masih dalam kondisi menyusui, sebaiknya Bunda yang memperbanyak konsumsi buah tersebut sehingga nutrisinya bisa diserap dengan baik lewat ASI.

Minyak Zaitun, Margarin dan Mentega

Dalam penyajian makanan untuk anak, jangan lupa untuk menambahkan minyak zaitun atau margarin. Margarin mengandung lemak mbaik yang bisa membantu menaikkan berat badan anak dengan baik.

Pisang

Makanan ini sangat lembut dan bisa diberikan pada anak sebagai makanan pelengkap. Kandungan nutrisi pada buah pisang tidak perlu diragukan lagi karena sangat kaya akan zat gizi. Pisang bisa Anda berikan langsung atau diolah menjadi camilan sehat kaya manfaat seperti tambahan pada pudding atau smoothies.

Susu dan Produk Olahan susu

Susu dan produk olahan susu kaya akan kandungan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. Produk olahan susu seperti yoghurt tentunya akan sangat disukai oleh si kecil. Selain itu, keju juga manjadi salah satu alternatif untuk si kecil dalam upaya untuk membantu menaikkan berat badannya.

Kacang-kacangan

Berikan juga kacang-kacangan sebagai pelengkap nutrisi untuk si kecil. Kacanng-kacangan kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang bisa mendukung tumbuh kembang si kecil.

Telur dan Daging

Telur mengandung protein dan omega-3 yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Selain itu, berikan juga daging merah tanpa lemak yang kaya akan kandungan vitamin B12. Jenis makanan ini sangat efektif untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan sangat baik.

Nah, demikian beberapa jenis makanan sehat untuk membantu menaikkan berat badan anak. Berikan makanan tersebut dalam berbagai variasi sehingga si kecil tidak merasa bosan untuk mengkonsumsinya. Jika si kecil masih dalam tahap MPASI maka jenis makanan tersebut bisa diolah menjadi puree atau tambahan mpada bubur.

Makanan bergizi adalah salah satu sumber untuk kesehatan dan pendukung tumbuh kembang anak. Dengan makanan yang bergizi maka si kecil akan tumbuh dengan sangat baik secara fisik dan mentalnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This