Jenis Makanan Untuk Antibiotik Alami

Tubuh manusia rentan terkena infeksi penyakit jika kondisi kekebalan tubuh menurun. Terlebih lagi ketika memasuki pergantian musim dan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Banyak penyakit ringan yang mengancam kesehatan seperti flu, pilek, batuk, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Nah, untuk mencegah gangguan tersebut sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat sebagai antibiotik alami.

Pada dasarnya antibiotik tidak hanya bisa diperoleh melalui obat-obatan dari dokter, akan tetapi antibiotik bisa diperoleh secara alami dari berbagai jenis makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Antibiotik alami memang terbilang lebih bagus untuk tubuh jika dibandingkan dengan antibiotik yang berasal dari obat-obatan dokter. Antibiotik yang berasal dari obat bisa membuat virus dan bakteri semakin kebal atau resisten.

Apa saja jenis makanan yang memiliki sifat antibiotik alami? Berikut ini penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak.

Bawang Putih

Salah satu jenis antibiotik alami yang bisa dengan mudah Anda peroleh yaitu bawang putih. Biasanya rempah yang satu ini digunakan untuk penyedap masakan saja, namun tahukah Anda jika ternyata bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai antibiotik alami.

Bawang putih berguna untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih bisa mencegah keracunan akibat zat berbahaya masuk kedalam tubuh. Bahkan bawang putih akan menghambat infeksi virus serta bakteri yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Bawang Merah

Antibiotik alami yang selanjutnya yaitu bawang merah. Ketika Anda terserang gangguan kesehatan ringan seperti batuk maka dengan mengkonsumsi bawang merah bisa membantu meredakan gejala tersebut. Bawang merah mengandung senyawa yang bisa membersihkan lendir dari paru-paru, trakea dan bronkus. Selain itu, dengan mengkonsumsi bawang merah maka sangat berguna untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga mencegah radang.

Madu

Madu memang terkenal sebagai ramuan alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal ini karena madu mengandung zat-zat yang bisa menghambat pertumbuhan virus dan bakteri. Selain itu, madu akan mengobati infeksi akibat bakteri. Maka dari itu, mengkonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan dan bersifat sebagai antibiotik alami dalam meningkatkan imun tubuh.

Teh Hijau

Perlu Anda ketahui bahwa teh hijau memiliki kemamlpuan untuk mengoptimalkan kinerja antibiotik sehingga mencegah perkembangbiakan virus serta bakteri. Hal ini karena teh mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh. Konsumsi secara teratur dalam campuran menu makanan yang Anda sajikan. Dengan begitu maka akan sangat berguna dalam meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This