Jenis Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu Untuk Ibu Hamil

Makanan tinggi kalsium merupakan salah satu yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil dalam upaya untuk menunjang kehamilan yang sehat. Biasanya sumber utama kalsium diperoleh dari susu sapi. Namun bagaimana jika ada ibu hamil yang intoleransi terhadap gula yang terdapat pada susu sapi? Anda Jangan khawatir sebab kalsium tidak hanya terdapat pada susu saja. Banyak sumber makanan yang termasuk kategori tinggi kalsium selain susu.

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil harus tercukupi dengan baik. Jika komponen nutrisi tersebut rendah maka sangat beresiko terhadap kelangsungan pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 3 porsi susu atau produk turunan susu setiap harinya. Bagi ibu hamil yang mengalami intoleransi laktosa pada susu sapi maka berikut pilihan jenis makanan tinggi kalsium.

  1. Keju Rendah Laktosa

Nah , bagi ibu hamil yang intoleransi terhadap laktosa bisa mengkonsumsi makanan tinggi kalsium berupa keju rendah laktosa. Keju padat biasanya rendah laktosa seperti keju cheddar.

  1. Susu Kedelai Berkalsium

Susu kedelai bisa menjadi pengganti susu sapi untuk melengkapi kebutuhan kalsium. Susu kedelai pada umumnya mengandung kalsium meskipun tidak sebanyak susu sapi. Pastikan bahwa susu kedelai yang Anda konsumsi mengandung sekitar 100 mg kalsium.

  1. Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam dan lainnya mengandung banyak kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini bisa disajikan dengan cara ditumis atau diolah sebagai makanan pelengkap.

  1. Yoghurt Bebas Laktosa

Pada saat ini banyak jenis yoghurt yang mengandung laktosa dalam kadar yang rendah. Mengkonsumsi 200 gram yoghurt setara dengan satu porsi susu.

  1. Tahu

Makanan olahan dari kacang kedelai ini mengandung kalsium yang berguna bagi ibu hamil. Tahu bisa diperoleh dengan mudah dan harga murah sehingga kebutuhan kalsium bagi ibu hamil yang intolerans I terhadap laktosa susu sapi bisa terpenuhi.

  1. Jeruk dan Buah Ara

Kandungan kalsium pada buah ara yaitu sekitar 121 mg setiap setengah cangkir. Adapun kalsium dalam satu butir jeruk yaitu sekitar 74 mg. Bahkan jenis buah ini juga kaya akan kandungan serat yang berguna memperlencar saluran pencernaan ibu hamil.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil dalam upaya untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Selama masa kehamilan, kalsium sangat penting untuk membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Kekurangan kalsium selama hamil sangat beresiko terhadap kesehatan dan bahkan bisa mengakibatkan kelainan terhadap tumbuh kembang janin didalam kandungan.

Jika Anda masih mengalami gejala intoleransi laktosa selama hamil dan menimbulkan gejala diare atau gangguan pencernaan lainnya, maka sebaiknya segera kberkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517