Jenis Makanan Tinggi Asam Folat

Makanan tinggi asam folat sebenarnya banyak terdapat disekitar kita. Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Pada dasarnya asam folat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, asam folat berguna untuk membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. Kekurangan asam folat bisa berdampak terhadap gangguan kesehatan dan infeksi beragam jenis penyakit.

Dengan adanya asam folat maka fungsi serta kinerja tubuh akan terbantu secara optimal. Oleh karena itu kebutuhan asam folat harus dipenuhi dengan baik. Kebutuhan asam folat untuk wanita dan pria dewasa yaitu sekitar 1000 mcg per hari. Lalu apa saja jenis makanan yang mengandung sam folat? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Buah Kiwi

Sumber makanan kaya asam folat salah satunya yaitu buah kiwi. Kandungan asam folat dan vitamin C pada buah kiwi berguna untuk membantu proses pergerakan plasma dan menyimpan nutrisi didalam sel tubuh. Disamping itu, nutrisi tersebut juga akan meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan bakteri jahat.

Buah Pisang

Sumber asam folat yang selanjutnya yaitu buah pisang. Selain tekstur lembut dan rasanya manis, kandungan asam folat pada buah pisang sangat tinggi sehingga buah yang satu ini cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang membutuhkan asupan sam folat lebih banyak.

Buah Alpukat

Citarasa buah yang satu ini terbilang sangat lezat karena tekstur daging buahnya lembut. dalam satu cangkir alpukat mengandung asam folat sekitar 90 mcg. Nah, dengan mengkonsumsi buah yang satu ini maka kebutuhan asam folat tercukupi sekitar 22%. Manfaat asam folat yang lainnya yaitu untuk membantu meregenerasi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

Buah Pepaya

Buah yang satu ini banyak digemari karena rasanya manis dan tekstur daging buah yang lembut. Selain itu, kandungan serat pepaya terbilang cukup tinggi untuk memperlancar pencernaan. Dalam satu buah pepaya terkandung sekitar 115 mcg asam folat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Buah Jeruk

Jeruk tergolong salah satu jenis buah dengan kandungan asam folat sangat tinggi. Kandungan sam folat pada buah jeruk berguna untuk membantu menjaga keseimbangan darah dan meningkatkan imun tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Stroberi

Buah dari kelompok berry seperti stroberi, rasberi atau blueberi mengandung antioksidan dan sam folat cukup tinggi. Jenis buah kelompok ini terbilang cukup baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh. dalam secangkir rasberi mengandung asam folat sekitar 14 mcg.

Brokoli

Sayuran brokoli mengandung asam folat cukup tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian sekitar 24%.

Bayam dan Asparagus

Dalam secangkir bayam yang setara 250ml mengandung asam folat sekitar 24%. Selain itu, dalam secangkir asparagus mengandung asam folat sekitar 65%.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517