Jenis Makanan Sumber Protein Tinggi

Makanan sumber protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mencukupi kebutuhan gizi adalah suatu keharusan untuk menunjang kesehatan tubuh sehingga seluruh organ bisa berfungsi dengan baik. Protein memegang peranan yang begitu penting dalam menunjang kelangsungan hidup seseorang. Hal ini karena protein berfungsi dalam membangun serta memelihara sel-sel tubuh.

Fungsi lain dari protein yaitu membangun jaringan tubuh dan massa otot. Bahkan protein memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, asupan protein menjadi salah satu hal penting yang harus dipenuhi guna menunjang kesehatan tubuh. Protein bisa dengan mudah diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti sayuran, daging, ikan dan lain sebagainya.

Nah, Berikut Ini Beberapa Jenis Makanan Sumber Protein

  1. Daging

Daging tergolong salah satu jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Namun dalam hal ini Anda harus memilih jenis daging yang rendah lemak. Salah satu contohnya yaitu daging ayam kampung sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan lemaknya rendah.

  1. Kacang-kacangan

Bagi Anda yag tidak suka mengkonsumsi ikan dan daging maka bisa memperoleh protein dari sumber makanan lain seperti kacang-kacangan jenis kacang almond dan kacang tanah.

  1. Ikan

Selain daging, ikan menghadirkan kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari ikan air tawar atau ikan air laut. Namun pilihlah jenis ikan yang rendah kandungan merkuri seperti salmon, makarel dan tuna.

  1. Susu

Susu dan produk olahan susu seperti keju mengandung protein cukup tinggi yang berguna bagi tubuh. Konsumsilah makan tersebut secara rutin setiap hari dengan porsi yang tepat.

  1. Bayam

Sayuran berdaun hijau yang satu ini memiliki kandungan protein cukup tinggi. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh.

  1. Alpukat

Jenis buah yang satu ini ternyata mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan protein pada alpukat mampu mencukupi sebagian kebutuhan protein yag dibutuhkan oleh tubuh. Alpukat bisa Anda dapatkan dengan mudah dan bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan seperti jus alpukat atau dibuat campuran untuk salad dan sup buah.

  1. Kedelai

Produk olahan kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe sebaiknya Anda masukan ke dalam menu makan sehari-hari karena jenis makanan tersebut tinggi akan kandungan protein yang dibutuhkan tubuh.

Demikian jenis makanan sumber protein yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Mencukupi semua kebutuhan nutrisi untuk tubuh menjadi prioritas penting sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh. Jangan menyepelekan kebutuhan nutrisi sebab bisa bedampak negatif terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This