Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Antigemuk

Camilan adalah salah satu hal yang paling digemari oleh banyak orang. Camilan biasanya menjadi teman setia pada saat santai seperti nonton televisi atau sekedar teman minum secangkir teh dan kopi. Camilan banyak ragamnya, mulai dari camilan yang memiliki rasa asin dan juga manis. Mengkonsumsi camilan memang tidak ada larangan, namun sebaiknya Anda bersikap bijak dalam memilih camilan supaya tidak membahayakan kesehatan. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis camilan baik untuk kesehatan. Pilihlah camilan makanan sumber karbohidrat antigemuk untuk menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Makanan yang mengandung karbohidrat biasanya paling dihindari oleh para pelaku diet karena dianggap bisa menaikkan berat badan secara drastis. Mereka yang diet biasanya sangat anti dengan makanan atau camilan dengan bahan dasar yang mengandung karbohidrat. Bahkan jenis makanan ini seringkali dianggap terlarang karena bisa merusak program diet.

Tetapi jika dikaji lebih jauh lagi ternyata ada beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tapi tidak menyebabkan berat badan naik. Beberapa jenis karbohidrat tidak meningkatkan berat badan sehingga tidak akan mempengaruhi program diet yang Anda jalani.

Menjauhi makanan yang mengandung karbohidrat bukanlah satu-satunya solusi yang tepat untuk kesehatan tubuh. Perlu disadari bahwa karbohidrat adalah salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh sehingga kehadirannya sangat penting. Jika tidak ada karbohidrat yang masuk kedalam tubuh dalam jangka waktu lama maka hal ini akan menyebabkan ketuidakseimbangan didalam tubuh. Supaya tubuh tidak kekurangan karbohidrat maka berikut ini ada beberapa jenis makanan sumber karbohidrat antigemuk.

Sereal

Nah, salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat antigemuk yaitu sereal. Jenis makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menerapkan program diet menjaga berat badan ideal. Sereal bisa dikonsumi dengan susu pada pagi hari setelah berolahraga. Yang perlu diingat adalah jangan mencampurkan sereal dengan jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi sebab hal ini justru bisa menyebabkn peningkatan berat badan.

Pisang Mentah

Biasanya buah pisang sering dianggap sebagai jenis makanan penyebab berat badan naik secara drastis. Hal ini karena buah pisang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Namun ternyata buah pisang sangat bagus untuk diet dengan syarat buah pisang yang dikonsumsi belum terlalu matang.

Konsumsilah buah pisang yang belum sepenuhnya matang karena mengandung karbohidrat yang berbeda dari buah pisang yang sudah matang sempurna. Karbohidrat pada buah pisang yang masih sedikit mentah akan dicerna lebih lama sehingga memberikan rasa kenyang dalam waktu lama dengan begitu akan menjaga berat badan ideal dan mencegah kenaikan berat badan secara drastis.

Kentang Panggang Kombinasi Keju dan Brokoli

Jangan berpikiran bahwa jenis camilan ini memiliki banyak lemak sehingga bisa menyebabkan berat badan justru naik secara drastis. Perlu Anda ketahui bahwa camilan ini sangat tepat untuk pelaku diet. Hal ini karena kombinasi dari brokoli dan kentang merupakan kombinasi serat yang sangat baik. Selain itu adanya kandungan protein dari keju berguna untuk memberikan tambahan energy. Bahkan kadar insulin bisa terjaga dengan sangat baik.

Popcorn

Makanan ini tidak hanya sekedar dijadikan camilan saat nonton film saja. Ternyata popcorn mengandung serat yang bisa membantu menekan nafsu makan. Namun sebaiknya Anda membuat camilan popcorn di rumah, jangan membeli popcorn yang langsung jadi. Hindari penambahan mentega supaya popcorn yang Anda konsumsi menjadi camilan sehat yang bisa menjaga berat badan ideal Anda.

Related Posts

Share This