Jenis Makanan Sumber Antioksidan Alami

Antioksidan alami adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah radikal bebas yang bisa memicu infeksi penyakit. Perlu Anda ketahui bahwa radikal bebas bisa memicu berbagai jenis penyakit seperti kanker. Pada dasarnya antioksidan bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Mencukupi asupan makanan bergizi setiap hari merupakan langkah awal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan fenomena saat ini semakin banyaknya pabrik dan kendaraan menyebabkan polusi udara dimana-mana sehingga kondisi tersebut yang menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai infeksi penyakit.

Pada dasarnya makanan yang mengandung antioksidan alami bisa Anda peroleh dari sumber makanan sederhana yang bisa dengan mudah didapatkan. Lalu apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

Teh Hijau

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika teh merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung banyak antioksidan. Selain itu teh mengandung catechin polyphenol yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsi teh secara teratur supaya Anda mendapatkan manfaat antioksidan alami untuk kesehatan tubuh Anda.

Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi sebagai zat antikanker. Konsumsi tomat secara teratur akan menghindarkan Anda dari resiko terkena penyakit berbahaya. Tomat bisa dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun secara langsung bagi Anda yang menyukainya.

Stroberi

Buah-buahan dari kelompok bery seperti stroberi memiliki kandungan antioksidan tinggi karena mengandung vitamin A, vitamin C. folat, posfor dan kalsium. Nutrisi tersebut memiliki satu kesatuan fungsi yang bekerja sama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Brokoli

Jenis sayuran pyang satu ini terkenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan sulforaphane berfungsi untuk menangkal penyakit kanker oyang diakibatkan oleh radikal bebas. Bahkan menurut riset menemukan bahwa kandungan antioksidan pada brokoli bisa memerangi hampir semua jenis kanker.

Wortel

Selain untuk kesehatan mata, manfaat lain dari wortel yaitu untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Hal ini karena wortel mengandung falcaricarinol plus falcarindiol. Konsumsi sayuran yang satu ini secara rutin untuk tubuh yang sehat.

Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A, vitamin K, mangan, kalsium, protein, folat dan flavonoid. Nah, jenis nutrisi tersebut yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas pyang mengancam kesehartan tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang berguna sebagai antioksidan alami. Dalam upaya untuk meningkatkan imun tubuh, sebaiknya Anda membiasakan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Asupan antioksidan saja tidak akan cukup jika gaya hidup Anda masih terbilang belum sehat. Satu kesatuan antara makanan sehat dan perilaku hidup sehat yang akan menjadikan kehidupan Anda l;ebih berkualitas dan terhindar dari resiko berbagai penyakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517