Jenis Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Kehamilan dan persalinan adalah proses panjang yang melelahkan bagi seorang ibu. Pada waktu ibu melahirkan, banyak energi yang terbuang sehingga membutuhkan pemulihan pasca melahirkan. Tidak berhenti di situ, tugas seorang ibu setelah melahirkan yaitu harus merawat bayi. Salah satunya yaitu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk bayi dengan cara menyusui. Dalam menjalani kegiatan tersebut dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat sehingga ASI yang dihasilkan berkualitas.

Salah satu Aspek penting yang perlu diperhatikan yaitu memilih makanan pasca melahirkan untuk memulihkan kondisi kesehatan dan mengoptimalkan produksi ASI. Anda dituntut untuk lebih selektif dan hati-hati dalam memilih jenis makanan karena semua makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan bayi.

Berikut Jenis Makanan Pasca Melahirkan

  • Ikan salmon

Makanan yang cocok untuk ibu pasca melahirkan yaitu ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 atau DHA yang berguna untuk kecerdasan otak dan perkembangan saraf anak. Disamping itu, dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin maka akan membantu memulihkan kondisi tubuh Anda pasca melahirkan.

  • Telur

Kandungan protein telur sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dan memulihkan kondisi kesehatan. Telur juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda dan bayi. Dengan mengkonsumsi telur secara rutin maka akan mencukupi kebutuhan protein setiap harinya.

  • Beras merah

Beras merah adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bermanfaat untuk memulihkan energi pasca melahirkan dan membantu Anda menjaga berat badan ideal. Selain itu, beras merah juga sangat bagus untuk mengontrol gula darah.

  • Gandum

Kandungan asam folat pada gandum sangat berguna untuk mengoptimalkan perkembangan bayi. Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin selama menyusui untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

  • Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi untuk memulihkan energi Anda pasca melahirkan. Zat besi juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia atau menambah darah. Pada waktu persalinan biasanya kehilangan banyak darah sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi akan membantu memulihkan kondisi tubuh Anda.

  • Kacang-kacangan

Sumber protein yang satu ini sangat bagus untuk dikonsumsi pasca melahirkan. Kandungan nutrisi pada kacang bermanfaat untuk menjaga kualitas ASI dan menjaga berat badan ideal pasca melahirkan. Seperti yang kita ketahui bahwa kacang mengandung protein yang cukup tinggi dan juga zat besi.

  • Sayuran hijau

Jenis sayuran hijau seperti brokoli dan bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu menyusui. Sayuran tersebut mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang sangat tinggi untuk memulihkan kondisi tubuh dan mengoptimalkan produksi ASI. Selain itu, sayuran juga mengandung serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Susu rendah lemak dan produk olahan susu

Lengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda setelah melahirkan dengan mengkonsumsi susu atau produk olehan susu seperti keju atau yoghurt. Susu merupakan sumber kalsium, protein dan vitamin untuk mengoptimalkan perkembangan bayi.

  • Buah-buahan

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin C, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Salh satu jenis buah yang dianjurkan yaitu jeruk dan blueberi. Buah-buahan tersebut sangat kaya akan antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah secara rutin maka bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral untuk bayi.

  • Air

Pada waktu menyusui hendaknya Anda memperbanyak konsumsi air mineral. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan mengoptimalkan produksi ASI. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi jus buah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517