Jenis Makanan Sehat Untuk Mencegah Obesitas Pada Anak

Makanan sehat adalah salah satu kunci untuk mendukung tumbuh kembang anak. Asupan makanan sehat sangat penting untuk anak dalam mencukupi kebutuhan gizinya. Pengaturan pola makan dan asupan makanan yang bergizi menjadi salah satu kunci untuk mencegah kelebihan berat badan dan gangguan pertumbuhan pada anak.

Perlu Anda ketahui bahwa kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga bisa terjadi pada anak-anak. Justru obesitas pada anak-anak bisa menyebabkan resiko yang lebih berbahaya. Obesitas bisa memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya pada anak.

Salah satu cara yang terbilang mudah dalam mencegah kelebihan berat badan pada anak yaitu dengan mengontrol dan memperhatikan pola makan anak. Anda sebagai orangtua harus senantiasa memberikan asupan makanan yang bergizi. Hindari jenis makanan yang bisa memicu kelebihan berat badan pada anak.

Nah, untuk menghindarkan si kecil dari resiko kelebihan berat badan maka berikan asupan makanan yang bergizi sebagai upaya membantu diet untuk anak yaitu sebagai berikut:

  1. Sayur-sayuran

Jika si kecil mengalami kelebihan berat badan maka sebaiknya Anda memberikan sayur-sayuran dan hindarkan sementara makanan seperti daging. Sayuran bisa Anda olah dengan berbagai varian sebagai pengganti daging. Kandungan serat pada sayuran sangat berguna dalam menurunkan berat badan anak.

  1. Jus Buah

Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan jenis makanan yang direkomendasikan untuk berat badan ideal anak. Anda bisa memberikan buah-buahan dalam bentuk jus sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. Namun dalam pemberian jus sebaiknya hindari penambahan gula terlalu banyak karena justru akan memicu kenaikan yang berat badan yang lebih drastis.

  1. Tahu dan Tempe

Makanan olahan dari kacang kedelai ini merupakan salah satu menu sehat untuk diet anak. Makanan ini kaya akan kandungan protein sehingga bisa dijadikan camilan sehat pengganti daging. Tahu tempe relatif mudah diolah menjadi berbagai menu yang menarik untuk anak seperti tempe balado, tempe goreng, keripik temped an olahan lainnya. Bahkan temped an tahu sangat mudah diperoleh dengan harga yang bersahabat.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan bisa dijadikan menu camilan sehat untuk si kecil. Jenis buah seperti apel, jeruk, buah berry dan buah lainnya mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan tinggi. Manfaatnya untuk menjaga berat badan ideal dan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang bisa membahayakan anak.

  1. Aktivitas Sehat

Nah, selain memberikan asupan makanan sehat dan bernutrisi, sebagai tambahannya yaitu dengan menerapkan olahraga secara rutin pada anak. Dengan berolahraga maka akan membuat proses metabolisme berjalan dengan baik sehingga lemak tubuh akan berkurang secara perlahan.

Demikian beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk membantu diet anak yang kelebihan berat badan atau obesitas. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517