Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi

Makanan sehat untuk bayi. Menerapkan pola makan sehat untuk bayi adalah salah satu cara yang tepat guna menunjang tumbuh kembangnya. Pada usia bayi asupan makanan bergizi menjadi salah satu faktor penting yang harus mendapat perhatian. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan bayi.

Makanan sehat bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan bisa tercukupi hanya dengan ASI. Nah, setelah pemberian ASI secara ekslusif maka harus diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Tujuannya tidak lain yaitu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang sepenuhnya tidak lagi bisa diperoleh dari ASI.

Memilih makanan yang sehat untuk bayi terkadang menjadi perkara yang membingungkan bagi sebagian orang. Hal ini biasanya terjadi pada ibu baru yang belum memiliki pengalaman dalam hal mengurus bayi. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang hal tersebut.

Berikut Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi

Biskuit Campur Susu

Dalam tahap awal memperkenalkan makanan padat pendamping ASI, Anda bisa memulainya dengan memperkenalkan makanan yang bertekstur lebih encer seperti bubur susu. Untuk membuat menu biskuit campur susu sangatlah mudah yaitu dengan cara menghancurkan biskuit hingga lembut kemudian campurkan susu dan aduk hingga rata serta tercampur. Pastikan bayi Adnda tidak alergi dengan susu formula. Untuk lebih aman, gunakan ASI untuk membuat bubur susu tersebut.

Bubur Sayuran

Makanan berserat harus diperkenalkan pada bayi sejak usia dini. Hal ini bertujuan supaya si kecil terbiasa untuk mengkonsumsi makanan berserat ketika sudah dewasa. Perlu Anda ketahui bahwa makanan berserat sepert sayuran sangatlah penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Dalam memilih sayuran sebaiknya Anda lebih selektif. Hindari jenis sayuran yang terpapar oleh pestisida karena berbahaya bagi kesehatan si kecil. Cuci hingga bersih setiap jenis sayuran yang akan digunakan. Sayuran bisa Anda oleh menjadi bubur ataupun puree. Untuk menghaluskannya bisa menggunakan blender dan saringan kawat.

Telur Rebus

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Telur bisa Anda berikan untuk si kecil dalam tahap pemberian MPASI. Untuk memudahkan si kecil dalam mencerna makanan ini maka Anda bisa memberikan telur dalam bentuk bubur ataupun telur rebus. Perhatikan usia si kecil ketika memberikan telur rebus.

Buah-buahan

Buah-buahan perlu Anda perkenalkan pada bayi. Untuk memudahkan si kecil dalam mencerna makanan tersebut, berikan buah dalam bentuk puree ataupun jus buah. Manfaat buah-buahan untuk si kecil yaitu melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral serta meningkatkan sistem imun dalam setiap tahap perkembangnnya.

Nah, demikian jenis makanan sehat yang bisa Anda perkenalkan pada bayi dalam tahap MPASI. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This