Jenis Makanan Sehat Pasca Keguguran

Keguguran merupakan kondisi terhentinya pertumbuhan janin pada usia kehamilan muda. Keadaan tersebut tentunya menjadi sebuah kekecewaan dan meninggalkan trauma, terutama bagi wanita. Selain itu, kondisi kesehatan pasca keguguran biasanya menurun drastis sehingga diperlukan proses pemulihan dengan cara yang tepat.

Pemulihan setelah keguguran meliputi dua aspek yaitu fisik dan psikis. Jika ditinjau dari aspek fisik, keguguran menyebabkan seorang wanita kehilangan banyak darah sehingga kondisi tersebut mengakibatkan gangguan kesehatan. Nah, maka dari itu dalam hal ini diperlukan proses pemulihan yang benar. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan asupan makanan.

Mengkonsumsi makanan dengan menu yang tepat maka akan membantu proses pemulihan setelah keguguran. Menu makanan ibu yang keguguran hendaknya mengandung vitamin dan mineral. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan sel darah merah yang banyak hilang ketika terjadi keguguran. Dalam hal ini hendaknya memilih jenis makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran, daging dan buah-buahan.

Beberapa Jenis Makanan Sehat Setelah Keguguran

  1. Makanan tinggi kalsium

Seorang wanita akan kehilangan banyak kalsium ketika mengalami keguguran. Banyak kalsium yang akan ikut terbuang dan larut bersama dengan darah yang keluar. Penyerapan kalsium akan kterhambat dengan adanya keguguran. Nah, maka dari itu kondisi tersebut harus segera dipuluhkan dengan mengkonsumsi makanan sumber kalsium.

Jenis makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu susu, produk olahan susu, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan jenis ikan seperti salmon. Mengkonsumsi susu dan produk olahan susu akan mengganti asupan kalsium dan posfor yang hilang ketika keguguran. Untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium maka konsumsi makanan pendukung yang mengandung vitamin D seperti telur.

  1. Makanan yang mengandung zat besi

Keguguran menyebabkan banyak kehilangan darah sehingga beresiko terhadap kesehatan. Proses pemulihan harus segera dilakukan untuk mengembalikan kondisi tersebut. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah tanpa lemak, sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Namun dalam pengolahan daging harus menggunakan metode yang benar sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Makanan penambah energi

Makanan sehat setelah keguguran yang selanjutnya yaitu jenis makanan yang mengandung karbohidrat untuk menambah energi. Keguguran menyebabkan kelelahan sehingga Anda membutuhkan asupan nutrisi yang bisa mengembalikan kondisi tubuh. Konsumsilah makanan seperti telur, gandum atau produk olahan gandum, coklat hitam dan cemilan sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

  1. Makanan pembangkit mood

Stress dan depresi merupakan gangguan kesehatan psikis setelah keguguran. Untuk mengatasi kondisi tersebut, konsumsilah makanan yang bisa mengembalikan suasana hati dan pikiran Anda. Salah satu contohnya yaitu makanan yang mengandung magnesium seperti cokelat dan kacang-kacangan.

Itulah jenis makanan sehat setelah keguguran yang disarankan untuk dikonsumsi. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan latihan meditasi untuk membuat kondisi psikis kembali normal dan terhindar dari depresi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517