Jenis Makanan Sehat Anti Peradangan

Kesehatan tubuh adalah salah satu hal penting yang harus dijaga dengan baik. Kesehatan organ dalam dan luar harus sama-sama diperhatikan supaya tidak terjadi masalah yang menyebabkan fungsinya terganggu. Salah satu hal yang mungkin terjadi pada tubuh adalah peradangan. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh memiliki sistem pertahanan alami sehingga ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh maka pertahanan tubuh akan melawannya. Dalam hal ini kita perlu mencari solusi untuk menghindari peradangan dengan mengkonsumsi makanan anti peradangan.

Peradangan merupakan salah satu reaksi pertahanan tubuh untuk memberikan perlindungan dari benda asing. Sel-sel darah didalam tubuh merupakan komponen pertahanan tubuh sehingga akan berperang melawan zat-zat atau benda asing yang membahayakan tubuh. Namun terkadang sistem imun tubuh juga bereaksi ketika tidak ada ancaman sehingga hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan sel yang pada akhirnya terjadi kerusakan jaringan.

Kini para ahli sedang meneliti antara keterkaitan peradangan dengan pemicu kanker. Dalam hal ini menyarankan agar terhindar dari peradangan yaitu dengan memperhatikan asupan zat gizi bagi tubuh. Pola hidup sehat bisa menekan efek negatif dari risiko terjadinya peradangan yang sangat membayakan kesehatan.

Inilah Jenis Makanan Sehat Anti Peradangan

Minyak Ikan

Minyak ikan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan minyak ikan memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Terlepas dari hal tersebut, kandungan DHA pada minyak ikan memiliki sifat anti imflamasi yang berguna untuk mematikan peradangan.

Sayuran Hijau Tua

Konsumsi sayuran secara teratur memang memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Jenis sayuran hijau tua seperti bayam dan kale memiliki kandungan fitokimia yang berguna untuk melawan peradangan. Konsumsilah sayuran ini secara teratur untuk menghindari terjadinya peradangan pada tubuh.

Kunyit

Selanjutnya kyaitu rempah yang biasa digunakan untuk memasak yaitu kunyit. Rempah yang satu ini memang sangat terkenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk mengurangi peradangan, Anda bisa mengkonsumsi air kunyit atau menggunakan kunyit dalam setiap olahan makanan yang Anda gemari.

Lada

Lada, cabai dan paprika memiliki kandungan senyawa capsaicin yang bersifat sebagai anti peradangan atau anti imflamasi. Selain itu bahkan bisa menjaga kesehatan jantung dan sebagai antioksidan yang sangat bagus bagi tubuh dalam upaya untuk menghindarkan tubuh dari risiko gangguan penyakit.

Kacang

Kandungan serat, vitamin E dan kalsium pada kacang sangat berguna untuk mencegah dan emngatasi peradangan. Contohnya seperti kacang kenari yang mengandung asam alfa linoleate sangat tinggi. Manfaatnya untuk melindungi tubuh dari bahaya peradangan.

Bawang Putih

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bawang putih untuk kesehatan tubuh. Bahkan bawang putih bisa mencegah terjadinya peradangan atau anti imflamasi. Namun sebaiknya jangan memanaskan bawang putih dengan suhu tinggi karena hal ini bisa mengurangi efek manfaatnya.

Nah, demikian  beberapa jenis makanan yang berguna untuk mencegah dan melawan peradangan pada tubuh. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi menjadi solusi yang tepat untuk hidup yang lebih baik dan terhindar dari risiko penyakit luar maupun dalam termasuk peradangan.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidaklah harus melakukan cara yang rumit. Untuk hidup sehat, Anda hanya perlu menerapkan pola hidup yang baik dalam keseharian. Menjaga asupan makanan bergizi, olahraga dan hindari hal-hal yang sekiranya bisa memicu kerusakan pada tubuh. Sangat mudah bukan? Tunggu apa lagi? Terapkan pola hidup sehat saat ini juga untuk kehidupan yang lebih baik.

Related Posts

Share This