Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung

Perut kembung merupakan sensasi seperti ada tekanan dari dalam perut sehingga membuat tidak nyaman. Pada dasarnya perut kembung disebabkan oleh banyak hal seperti faktor makanan, cuaca ataupun masuk angin selepas mengendarai kendaraan bermotor dengan jarak yang cukup jauh. Nah, yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai jenis makanan yang menjadi penyebab perut kembung.

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang mengadung gas sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan perut kembung. Secara umum, perut kembung terjadi akibat adanya peningkatan volume gas akibat mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang berlebihan. Bahkan makanan yang mengandung gas dari jenis sayuran ataupun buah-buahan secara spontan bisa menyebabkan perut tidak nyaman.

Nah, Berikut Ini Beberapa Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung

  1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan dengan kadar lemak tinggi merupakan salah satu pemicu perut kembung. Hal ini karena makanan yang mengandung lemak merupakan substansi paling akhir yang akan tertinggal didalam perut. Perlu Anda ketahui bahwa lemak yang tinggi tidak akan bisa dicerna oleh tubuh secara sempurna sehingga akan terjadi penumpukan di dalam perut.

  1. Brokoli dan Kol

Sayuran memang tergolong jenis makanan sehat, namun ada jenis sayuran tertentu yang bisa memicu perut kembung karena mengandung gas. Salah satu contohnya yaitu brokoli dan kol yang mengandung sulfur serta karbohidrat. Nutrisi tersebut dikenal dengan istilah raffinose dan keduanya sulit untuk dicerna dengan baik oleh tubuh.

Namun meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak menghindari jenis makanan tersebut karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Yang perlu Anda lakukan yaitu mengontrol konsumsi makanan tersebut sehingga tidak berlebihan.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahan susu merupakan penyebab selanjutnya yang mengakibatkan perut kembung. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa sehingga tubuh tidak memiliki suatu enzim yang akan berfungsi dalam memecah gula laktosa.

  1. Junk Food

Pada dasarnya junk food merupakan jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan lemak. Nah, kombinasi dari keduanya akan memicu perut tidak nyaman akibat proses pencernaan yang terganggu. Asupan gula berlebih akan menyebabkan bekteri pencernaan memakan gula dalam proses pencernaan sehingga menghasilkan gas yang berlebihan. Salah satu contohnya yaitu ketika Anda mengkonsumsi minuman bersoda maka secara otomatis perut akan terasa lebih penuh dan kembung.

Nah, itulah sebagian kecil dari jenis makanan yang bisa memicu perut kembung. Dalam hal ini bukan berarti Anda menjauhi semua makanan tersebut, namun mengontrol asupan makanan tersebut supaya tidak berlebihan. Sebab sebagian dari jenis makanan penyebab perut kembung ada yang termasuk makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517