Jenis Makanan Penurun Asam Urat

Ketika kita mendengar kata asam urat mungkin yang terlintas adalah sebuah penyakit atau gangguan kesehatan yang tidak normal. Padahal sebenarnya asam urat ini sudah ada didalam tubuh kita semua. Hanya saja ada yang dalam kondisi normal dan mengalami peningkatan sehingga masuk dalam kategori yang berbahaya untuk kesehatan dalam jangka panjang. Semua ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal baik itu faktor internal maupun eksternal tubuh.

Terjadinya peningkatan asam urat tentunya bisa dipicu oleh beberapa faktor penyebab. Salah satunya yaitu pola hidup atau pola makan yang tidak sehat. Kondisi ini yang menjadi penyebab satu satunya timbul asam urat paling signifikan.

Namun disamping jenis makanan yang meningkatkan asam urat, ada juga kriteria jenis makanan yang sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara untuk meredakan gejala asam urat tersebut. Atau dengan kata lain menyeimbangkan kadar purin di dalam tubuh yang mengalami peningkatan sebelum akhirnya berkembang menjadi gangguan asam urat yang lebih berbahaya.

Inilah Beberapa Jenis Makanan Untuk Asam Urat

Makanan adalah salah satu faktor yang memberikan pengaruh positif dan negatif untuk kesehatan tubuh. Jika suatu makanan dikonsumsi dalam batas tertentu maka sudah pasti akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika sebaliknya maka sudah pasti dampak negatif yang bisa terjadi pada tubuh.

Nah, untuk mencegah dan mengatasi timbulnya asam urat, ada beberapa jenis makanan yang berguna untuk mengatasi itu semua. Apa saja jenis makanan tersebut? Perhatikan beberapa jenis makanan berikut ini untuk kesehatan dan asam urat!

Makanan Tinggi Serat

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk mencegah dan mengatasi timbulnya asam urat yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi akan kandungan serat. Kandungan serat bisa membantu untuk meminimalisir kandungan asam urat pada tubuh. Disamping itu juga kandungan serat dari makanan mampu memperbaiki sistem metabolisme tubuh sehingga tidak ada penumpukan purin penyebab gangguan asam urat.

Baca Juga:  Beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma

Makanan tinggi serat bisa diperoleh dari jenis sayuran dan juga buah-buahan yang bisa dengan mudah untuk kita jumpai dalam keseharian. Dengan konsumsi makanan berserat tinggi maka pastinya snagat berguna sekali untuk mengatasi gangguan kesehatan asam urat.

Alpukat

Buah alpukat masuk dalam kategori jenis buah-buahan yang sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi timbulnya asam urat. Hal ini karena buah alpukat mengandung kadar gula yang sangat rendah sehingga bisa meningkatkan kadar basa untuk menurunkan penumpukan purin didalam tubuh yang menjadi penyebab asam urat.

Pisang

Selanjutnya bisa dengan mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang mengandung kadar alkali, kalium dan rendah gula. Kandungan ini akan membuat penumpukan purin penyebab asam urat mengalami penurunan secara drastis. Konsumsi buah pisang secara rutin dan teratur untuk menjaga kadar asam urat didalam tubuh supaya tetap stabil.

Green Tea

Minum green tea secara rutin dan teratur akan membantuk untuk mengeluarkan segala bentuk limbah dan penumpukan racun dalam tubuh termasuk limbah purin penyebab asam urat. Dengan minum air tea secara rutin dan teratur sudah pasti akan sangat membantu sekali untuk mengatasi gangguan kesehatan asam urat.

Susu Rendah Lemak

Konsumsi susu rendah lemak dan produknya untuk mengatasi peningkatan kadar asam urat yang berlebihan. Susu rendah lemak mampu untuk mengatasi penumpukan purin di dalam tubuh dengan baik.

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya diperhatikan dan dikonsumsi dalam upaya untuk mengurangi dan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh yang diakibatkan oleh penumpukan purin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517