Jenis Makanan Penguat Rahim

Rahim merupakan salah satu organ reproduksi penting bagi wanita. Kesehatan rahim sangat penting diperhatikan dalam menunjang proses kehamilan. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan rahim wanita, salah satunya yaitu makanan. Untuk memperoleh kehamilan yang sehat hingga tiba waktunya persalinan maka diperlukan asupan makanan penguat rahim.

Makanan adalah salah satu faktor penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk menkgkonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang. Secara umum nutrisi tersebut terdapat dalam makanan empat sehat lima sempurna. Nah, lalu apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menguatkan rahim wanita?

Berikut Ini Jenis Makanan Penguat Rahim

  • Makanan yang mengandung serat

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan dalam upaya memperkuat rahim yaitu makanan yang mengandung serat. Contohnya yaitu sayuran, buah-buahan maupun gandum. Makanan berserat berguna untuk menghilangkan kadar estrogen berlebihan yang terdapat di dalam tubuh. Nah, dengan begitu maka akan mencegah terjadinya fibroid uterus atau yang biasa disebut sebagai tumor jinakyang berasal dari lapisan otot halus.

  • Buah dan sayur

Kandungan nutrisi dari jenis makanan ini tentunya tidak perlu diragukan lagi. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber alami vitamin dan mineral. Selain itu, buah dan sayur mengandung fitokimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat rahim. Mineral magnesium berguna bagi wanita dalam mengurangi gejala menstruasi yaitu mengatasi pendarahan berlebih dan kram perut.

Mineral zinc pada buah dan sayur bermanfaat dalam membantu menjaga sel telur dan ovarium agar tetap sehat. Buah dan sayur termasuk jenis makanan yang mengandung sumber antioksidan tinggi dalam mencegah radikal bebas penyebab penyakit kanker. Hal ini karena buah dan sayur mengandung vitamin C dan vitamin E untuk melindungi ovarium dan sel-sel rahim dari bahaya infeksi kanker. Disamping itu, buah dan sayur mampu menyeimbangkan kadar hormone progesterone dan estrogen.

  • Ikan air dingin

Ikan salmon atau makarel merupakan salah satu jenis ikan air dingin yang tinggi akan kandungan omega-3. Manfaatnya yaitu kuntuk mengurangi produksi hormone prostaglandin pada wanita. Hormon tersebut biasanya menyebabkan kontraksi berlebih pada wanita sehingga beresiko menyebabkan posisi rahim bergeser.

  • Produk susu

Bagi Anda yang ingin memiliki rahim sehat dan kuat, konsumsilah susu ataupun produk susu seperti keju, yoghurt ataupun mentega. Susu dan produk olahannya kaya akan kandungan vitamin d serta kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rahim serta mencegah fibroid.

  • Teh hijau

Teh hijau tinggi akan kandungan antioksidan yang berguna dalam mencegah fibroid rahim dan memperkuat rahim. Minumlah teh hijau secara rutin untuk menjaga kesehatan rahim.

  • Kacang-kacangan

Biji-bijian seperti kacang berguna untuk membantu mengoptimalkan produksi hormone. Konsumsilah kacang-kacangan sebagai cemilan sehat karena kaya akan kolesterol baik dan omega-3. Nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan rahim serta mebncegah tumor jinak pada rahim.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517