Jenis Makanan Pantangan Asma yang Harus Dihindari

Asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan. Setiap orang tentunya tidak ingin mengalami penyakit asma mengingat jenis penyakit ini sangat menyiksa dan membahayakan. Penderita penyakit asma tidak akan bisa beraktifitas dengan baik mengingat penyakit ini sangat menghambat jika sudah kambuh. Dalam mengatasi asma tentunya harus memperhatikan pantangan asma.

Seperti yang kita ketahui bahwa asma tergolong salah satu jenis penyakit yang pada mulanya dipicu oleh alergi tertentu. Sebagai contohnya akibat stress, perubahan iklim atau cuaca, debu maupun bulu binatang. Nah, bahkan makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa memberikan dampak seperti demikian. Oleh karena itu penderita asma hendaknya memperhatikan apa yang menjadi pantangan sebab bisa membuat kondisi asma semakin parah.

Pantangan Asma yang Tidak Boleh Diabaikan

Telur

Salah satu pantangan asma yang terkait dengan makanan yaitu konsumsi telur. Bagi Anda yang alergi telur sebaiknya menghindari jenis makanan ini karena bisa memicu penyakit asma. Jika alergi tergolong kategori yang berat maka sebaiknya hindari konsumsinya agar tidak memicu gejala asma yang begitu menyiksa.

Kacang

Kacang juga tergolong salah satu jenis makanan yang bisa memicu penyakit asma. Hal ini lebih tepatnya akan terjadi pada mereka yang alergi terhadap kacang. Sebaiknya jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya jika tak ingin mengalami gejala yang teramat parah.

Susu

Minuman sehat yang satu ini ternyata harus dihindari oleh penderita asma. Hal ini karena susu tergolong salah satu jenis minuman yang bisa memicu alergi sehingga rentan berkembang menjadi penyakit asma. Bahkan sebaiknya produk olahan susu seperti keju maupun yoghurt juga dihindari.

Kerang

Makanan laut yang satu ini sebaiknya dihindari karena kerang rentan sekali memicu penyakit asma. Bahkan tidak hanya kerang, makanan laut lainnya seperti udang, kepiting dan lainnya sebaiknya dihindari karena sangat berpotensi alergi yang berkembang menjadi asma.

Makanan Instan

Makanan-makanan instan yang mengandung pengawet, perasa dan pewarna buatan sebaiknya dihindari karena berisiko terhadap alergi yang bisa menyebabkan penyakit asma. Jangan sesekali mengkonsumsi makanan instan karena begitu sangat rentan dalam menyebabkan penyakit asma.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma karena sangat berisiko memperparah gejala asma. Berhati-hatilah dalam memilih makanan dan lakukan konsultasi dengan dokter untuk membicarakan masalah pantangan asma. Nah, dengan begitu maka Anda bisa dengan mudah terhindar dari kambuhnya penyakit asma.

Jangan sesekali menyepelekan penyakit asma karena ini bukan gangguan penyakit biasa. Sebaiknya lakukan penanganan yang baik dan benar supaya tidak berkembang menjadi gejala yang lebih parah. Pahami penyebab dan cara mengatasi yang tepat agar Anda bisa terhindar dari gangguan kesehatan tersebut.

Perhatikan apa yang hendak dikonsumsi, jangan sembarangan. Salah tindakan dalam mengkonsumsi makanan maka akibatnya akan sangat fatal untuk asma yang Anda derita. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit asma berpotensi menyebabkan kematian jika serangan penyakit ini tak bisa diatasi dengan benar. Maka dari itu waspadalah!

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting sebab jika salah satu gangguan penyakit sudah terjadi pada kita maka akan sulit untuk mengatasinya. Kalau kata peribahasa itu “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Itu memang tepat, pencegahan dinilai sebagai langkah yang tepat daripada harus mengobatinya. Maka dari itu terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari gangguan penyakit yang ringan maupun berat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517