Jenis Kegiatan atau Kebiasaan Setelah Makan Yang Harus Dihindari Karena Berbahaya Bagi Kesehatan

Makan adalah salah satu kegiatan untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh sehingga akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas sehari-hari. Makan adalah kebutuhan utama bagi makhluk hidup untuk menunjang seluruh pertumbuhan organ tubuh dan meningkatkan kinerja otak supaya bekerja dengan baik. Memilih jenis makanan harus mempertimbangkan kandungan zat gizi, jangan hanya memilih jenis rasanya saja. Hal ini karena asupan makanan yang bergizi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda setelah makan, baik itu mandi, tidur, merokok ataupun duduk santai. Kebiasaan melakukan hal tersebut setelah makan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh setiap orang. Akan tetapi tanpa disadari bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Kebiasaan Setelah Makan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Penjelasan Mengenai Kegiatan Setelah Makan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

  • Kebiasaan langsung tidur

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa kantuk setelah makan, terutama setelah makan siang atau makan malam. Terlebih lagi makan dengan porsi yang banyak tentunya akan menimbulkan rasa kantuk yang teramat sangat. Banyak orang yang mempunyai kebiasaan langsung tidur setelah makan. Pada dasarnya kebiasaan tersebut merupakan hal yang lumrah, akan tetapi tanpa disadari kalau kegiatan seperti itu bisa membahayakan kesehatan.

Kebiasaan langsung tidur setelah makan sangat berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena lambung yang terisi penuh oleh makanan akan melakukan aktivitas mencerna makanan. Ketika Anda tidur pada waktu proses tersebut sedang berlangsung maka akan menyebabkan kinerja sistem pencernaan dan proses penyerapan makanann terganggu sehingga makanan tidak akan dicerna dengan sempurna. Apabila kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan makan efek jangka panjang yang akan Anda rasakan adalah infeksi pada usus dan lambung.

  • Kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi kebiasaan tersebut dilakukan setelah makan. Mengapa bisa demikian? Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan langsung merokok setelah makan akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan meningkatkan resiko kanker 10 kali lebih besar. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi akan bercampur dengan zat racun yang terdapat pada asap rokok sehingga akan menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan tersebut sebaiknya berhenti dan mulailah kebiasaan hidup sehat.

  • Kebiasaan minum teh

Kegiatan selanjutnya yang berbahaya dilakukan setelah makan yaitu kebiasaan langsung minum teh. Pada dasarnya the merupakan salah satu jenis minuman yang sangat kaya akan kandungan antioksidan sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi minum the setelah makan sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan. The mengandung asam yang sangat tinggi sehingga apabila dikonsumsi setelah makan maka akan meningkatkan kandungan protein yang ada di dalam makanan. Kondisi tersebut akan membuat sistem pencernaan kesulitan dalam proses mencerna protein. Selain itu, the juga akan menyerap zat besi dari makanan sehingga tubuh akan kekurangan zat besi.

  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin

Minuman dingin memang sangat nikmat dikonsumsi setelah makan, apalagi makanan yang dikonsumsi memiliki rasa yang pedas sehingga minuman dingin sangat cocok untuk menyegarkan tubuh dan meredakan rasa pedas. Akan tetapi mengkonsumsi air es setelah makan bisa membahayakan sistem pencernaan. Air es akan membuat lemak menjadi beku sehingga menumpuk di dalm usus. Penumpukan lemak akan mengakibatkan usus mengalami penyempitan pada saluran pencernaan. Setelah makan sangat dianjurkan untuk minum air hangat atau air putih biasa bukan air es.

Baca juga: Hindari Minum Air Putih Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedes

  • Kebiasaan langsung mandi

Banyak orang yang tidak menyadari dengan kebiasaan yang mereka lakukan setelah makan. Salah satunya yaitu kebiasaan langsung mandi setelah makan. Kebiasaan langsung mandi setelah makan bisa membahayakan kesehatan karena dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh terutama baguan tangan atau kaki. Kondisi tersebut tentunya akan membuat aliran darah pada bagian perut melemah sehingga kinerja sistem pencernaan tidak akan berjalan maksimal dan terhambat.

  • Kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan

Buah merupakan salah satu makanan penutup setelah makan. Banyak yang beranggapan kalau mengkonsumsi buah setelah makan merupakan cara yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi perlu Anda ketahui kalau mengkonsumsi buah setelah makan bisa membahayakan sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah setelah makan bisa menimbulkan perut kembung karena buah bersifat memfermentasi makanan yang kita konsumsi. Selain itu buah yang dikonsumsi setelah makan akan terhambat oleh makanan sehingga proses pencernaan tidak akan berlangsung lancar. Hal tersebut akan memicu peningkatan asam lambung. Supaya buah bermanfaat bagi kesehatan sebaiknya Anda mengkonsumsi buah beberapa saat setelah makan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517