Jenis Jenis Penyakit Penyebab Kelelahan

Kelelahan bisa mendera siapa saja dan segala kalangan tak terbatas usia. Semua orang pasti merasakan gejala kelelahan setelah beraktivitas atau bahkan ketika santai sekalipun. Kelelahan tidak hanya terbatas fisik saja, namun kelelahan juga bisa terjadi pada mental.

Ketika sistem imun tubuh bekerja dalam mengusir dan mencegah penyakit, tentunya membutuhkan energi. Tidak mengherankan jika pada waktu sakit Anda akan merasakan gejala kelelahan yang sangat luar biasa. Bahkan pada waktu sakit cenderung lemas dan letih.

Kelelahan memiliki berbagai tingkatan yang meliputi kelelahan fisik, emosional dan tentunya kelelahan psikologi. Semua jenis kelelahan mengakibatkan tubuh seperti kehilangan energy walaupun Anda sudah menerapkan pola makan yang terbilang cukup baik dan juga sudah menjadwalkan istirahat yang cukup.

Kelelahan memang bukan merupakan suatu penyakit, namun kelelahan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kelelahan harus diatasi dan diketahui penyebabnya. Ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang ternyata pemicu atau penyebab kelelahan.

Jenis Penyakit Yang Memicu Gejala Kelelahan

  1. Kekurangan Adrenalin

Salah satu masalah kesehatan yang berasal dari kelelahan yaitu kekurangan adrenalin. Mungkin gangguan hormonal ini tidak begitu dikenal, namun kondisi ini terjadi akibat gangguan hormonal yang berupa kekurangan adrenalin sehingga penderitanya akan senantiasa merasa kelelahan. Adapun gejala lainya yang timbul yaitu berat badan menurun secara drastis, bagian kulit tampak gelap dan mengalami masalah pada pencernaan.

  1. Hipotiroid

Seperti yang kita ketahui bahwa tiroid merupakan kelenjar kecil yang letaknya berada pada bagian bawah leher. Fungsinya sangat signifikan yaitu mulai dari mengatur level energi hingga ke fungsi dari sistem imun. Jika kekurangan hormone ini maka akan sangat berdampak besar pada tubuh.

Kekurangan tiorid akan senantiasa membuat tubuh merasa kelelahan. Disamping itu, berat badan naik, sering merasa kedinginan dan kulit kering.

  1. Anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan akibat kekurangan sel darah merah. Rendahnya sel darah merah yang membawa oksigen dan mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh akan membuat tubuh senantiasa merasa lelah. Untuk mengatasinya harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau zat besi.

  1. Sindrom Lelah Kronik

Anda sudah cukup istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi, namun ternyata tubuh Anda masih saja dilanda kelelahan. Bahkan Anda merasakan seolah-olah tidak memiliki energi. Hal ini merupakan sindrom dari kelelahan kronik. Gejala tersebut sebaiknya segera diatasi sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Diabetes

Disamping sering haus dan buang air kecil terus menerus, ternyata diabetes juga menyebabkan penderitanya merasa kelelahan. Hal ini karena tubuh tidak bisa mengontrol jumlah dari kadar gula darah. Tubuh senantiasa tidak berenergi.

  1. Endokarditis

Merupakan peradangan atau infeksi pada jantung. Infeksi ini berasal dari bakteri didalam darah yang menyerang lapisan atau bagian dalam jantung. Penderita kelainan ini akan merasakan kelelahan setiap saat. Masalah kesehatan ini harus mendapatkan penanganan yang lebih baik.

  1. Depresi Klinis

Jenis depresi ini terjadi pada otak sehingga menyebabkan mood akan sangat buruk. Salah satu gejalanya yaitu penderita masalah kesehatan ini senantiasa merasa kelelahan. Disamping itu nafsu makan akan berkurang dan tidak bisa berkonsentrasi.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang memicu gejala kelelahan. Supaya tidak mengganggu kenyamanan dan semangat Anda untuk beraktivitas maka sebaiknya ditangani dengan tepat. Berkonsultasilah dengan dokter dan mulai terapkan gaya hidup sehat supaya terhindar dari masalah kesehatan yang tentunya mengganggu kehidupan Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517