Jenis Buah Yang Cocok Untuk MPASI 6 Bulan

Pengenalan MPASI 6 bulan merupakan salah satu langkah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Pemberian ASI secara ekslusif direkomendasikan hingga bayi berusia 6 bulan. Setelah itu bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Menu MPASI 6 bulan hendaknya berupa makanan dnegan tekstur yang lunak atau cair. Hal ini karena bayi masih dalam tahap adaptasi dengan makanan baru selain ASI. Pemberian MPASI untuk bayi harus senantiasa memperhatikan kelangkapan gizinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada tahap pertumbuhan kebutuhan nutrisi akan meningkat 2 kali lipat.

Dalam tahap memperkenalkan MPASI 6 bulan pertama, jenis makanan yang bisa Anda suguhkan untuk si kecil yaitu salah satunya dari kelompok buah-buahan. Beberapa jenis buah memiliki tekstur lembut dan kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat cocok untuk MPASI pada tahun pertama.

Pada usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai berkembang menjadi lebih sempurna. Namun tetap saja masih dalam tahap penyesuaian sehingga jenis makanan yang Anda berikan sebaiknya disesuaikan.

Berikut Ini Jenis Buah Untuk MPASI Bayi Usia 6 Bulan Pertama

Buah Pisang

Nah, salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk MPASI bayi 6 bulan yaitu buah pisang. Mengapa pisang? Hal ini karena buah pisang memiliki tekstur lembut atau lunak sehingga akan lebih mudah untuk ditelan dan dicerna bayi.

Buah pisang juga kaya akan kandungan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Jenis nutrisi yang terkandung didalam buah pisang diantaranya yaitu vitamin A, folat, posfor, kalium, potassium, kalsium dan mineral penting lainnya.

Disamping itu, buah yang satu ini tidak perlu diolah. Anda bisa memberikan buah pisang matang secara langsung pada bayi dengan cara dikeruk menggunakan sendok kecil. Sangat mudah dan luar biasa sekali bukan?

Buah Pir

Selanjutnya yaitu buah pir untuk MPASI bayi 6 bulan. Pir mengandung nutrisi seperti vitamin C, kalium, kalsium, posfor dan juga magnesium. Buah pir bisa Anda berikan dalam bentuk puree supaya lebih mudah untuk ditelan serta dicerna bayi.

Cara membuat puree buah pir snagat mudah yaitu dengan memotong buah pir berbentuk dadu, lalu kukus hingga benar-benar lunak. Setelah itu, haluskan buah pir dengan blender hingga benar-benar memiliki tekstur lembut supaya lebih mudah untuk dicerna oleh bayi.

Buah Jeruk

Jenis buah selanjutnya yang bisa diberikan untuk MPASI bayi 6 bulan yaitu jeruk. Jeruk memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, vitamin A dan juga serat. Buah jeruk bisa Anda berikan dengan cara diperas dan diambil airnya. Mengingat tingginya kandungan nutrisi pada jeruk terutama vitamin C maka buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun bayi.

Buah Apel

Apel memiliki rasa yang lezat dan teksturnya lembut. Buah apel bisa dijadikan MPASI pada 6 bulan pertama. Kandungan gizi pada buah apel sangat beragam yang meliputi vitamin A, vitamin C, posfor, kalsium, magnesium dan posfor.

Buah apel sebaikny diberikan dalam bentuk puree supaya lebih mudah untuk dicerna oleh bayi. Potong kecil-kecil berukuran dadu dan kukus hingga lunak. Kemudian blender hingga benar-benar halus dan siap untuk disajikan pada bayi.

Nah, demikian beberapa jenis buah yang bisa Anda berikan sebagai MPASI bayi usia 6 bulan pertama. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517