Jenis Buah Yang Bagus Untuk Bayi Dalam Tahap MPASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) sudah mulai bisa diperkenalkan sejak bayi menginjak usia 6 bulan. Tujuan pemberian makanan padat pendamping ASI yaitu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan melatih kemampuan si kecil dalam mencerna makanan yang lebih padat. Dalam tahap pemberian MPASI, Anda bisa memperkenalkann buah-buahan dan sayuran. Lalu apa saja jenis buah yang bagus untuk bayi?

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Namun meskipun begitu, dalam tahap memperkenalkan MPASI, Anda harus mengetahui batasan dalam memberikan buah-buahan untuk bayi. Sebab jika terlalu berlebihan justru akan menimbulkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan si kecil.

Menurut pakar gizi mengemukakan bahwa semua jenis buah memiliki manfaat yang luar biasa untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Namun, dalam hal ini Anda harus mengetahui batasan dan pemberian buah harus disesuaikan dengan usia bayi.

Jenis Buah Yang Bagus Untuk Bayi

  1. Pisang

Salah satu jenis buah buat bayi yang bisa diperkenalkan dalam tahap MPASI yaitu pisang. Selain teksturnya yang lembut, pisang juga mengandung nutrisi cukup tinggi untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Kandungan gizi buah pisang yaitu vitamin A, asam folat, kalium, magnesium, potassium, posfor, zat besi dan nutrisi penting lainnya.

Buah pisang bisa langsung diberikan pada bayi karena tekstur daging buahnya lembut sehingga tidak perlu diolah. Akan tetapi untuk menghindari kebosanan, Anda bisa memberikan pisang dengan cara diolah menjadi jus atau puree.

  1. Apel

Buah apel bisa Anda sajikan dalam bentuk puree. Untuk membuatnya yaitu dengan cara memotong kecil-kecil buah apel kemudian dikukus hingga lunak. Masukkan ke dalam blender dan haluskan. Tuangkan ke dalam wadah dan beri campuran susu. Kandungan gizi buah apel yaitu vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium dan posfor.

  1. Pir

Cara penyajian buah pir sama dengan membuat puree buah apel. Potong kecil-kecil kemudian rebus hingga lunak dan haluskan menggunakan blender. Nutrisi yang terdapat pada buah pir yaitu kalsium, kalium, posfor, vitamin c dan mineral penting lainnya.

  1. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, kalium, posfor, kalsium, vitamin A dan asam folat. Salah satu manfaat buah jeruk untuk bayi yaitu meningkatkan sistem imun karena kandungan vitamin C pada buah jeruk berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk bisa Anda berikan dengan cara diperas, kemudian air perasan tersebut diberikan pada bayi.

  1. Mangga

Mangga memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Mangga bisa Anda sajikan dalam bentuk puree ataupun jus. Kandungan nutrisi buah mangga yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K dan mineral penting seperti magnesium dan zat besi.

  1. Pepaya

Teksturnya yang lembut dan rasa manis buah pepaya sangat cocok untuk bayi dalam tahap MPASI. Buah yang satu ini bisa Anda berikan langsung tanpa diolah. Kandungan gizi buah pepaya yaitu vitamin C, serat dan betakaroten.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan sehingga pemberian buah harus teratur dan jangan berlebihan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This