Jenis Buah buahan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Penyakit anemia atau kurang darah merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Hal ini karena darah merupakan salah satu komponen penting yang mendukung kinerja seluruh organ didalam tubuh. Jika sirkulasi darah terganggu maka hal ini bisa berakibat sangat fatal terhadap kesehatan organ organ tubuh lainnya. Oleh karena itu sebaiknya penyakit anemia segera diatasi dengan cara yang tepat sehingga tidak akan membahayakan kesehatan. Ada dalah satu cara yaitu dengan konsumsi buah buahan penambah darah bagi penderita anemia.

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh penderitan anemia yaitu zat besi. Nah, buah-buahan termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut sehingga bisa menjadi salah satu alternatif bagi penderita anemia untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Macam-macam Buah Untuk Penyakit Anemia

Selain rasanya yang menyegarkan dan manis, buah buahan juga menawarkan berbagai manfaat dan khasiat yag luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan buah-buahan bisa terbilang sebagai salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Nah, hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk penderita anemia. Selain mudah didapatkan, buah-buahan juga sangat terjangkau untuk masalah harga.

Pada dasarnya anemia atau kurang darah terjadi karena kakurangan zat besi, vitamin B12 atau asam folat. Solusi untuk mengatasi hal tersbeut dengan konsumsi buah- buahan. Apa saja jenis buah yang bermanfaat untuk membantu mengtatasi penyakit anemia?

Salah satu jenis buah untuk membantu penderita anemia mengatasi hal tersebut adalah buah-buahan darin kelompok buah Berry yang kaya akan kandungan vitamin C atau antioksidan. Mengapa penderita anemia sangat memerlukan vitamin C? Hal ini karena vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyerapan zat besi di dalam usus. Meskipun mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi namun jika tidak diimbangi dengan vitamin C maka hal tersebut akan sia sia saja sebab zat besi tidak akan terserap maksimal tanpa adanya vitamin C. Itulah mengapa pentingnya konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk penderita anemia.

Buah buahan penambah darah yang mengandung zat besi tidak kalah penting dengan jenis makanan yang mengandung asam folat. Buah-buahan yang mengandung asam folat seperti pepaya, jeruk, blackberry, strawberry dan jenis buah lainnya memang sangatlah penting untuk membantu mengatasi permasalahan kurang darah.

Sayuran Penambah Darah Untuk Penyakit Anemia

Nah, selain jenis buah buahan, ada juga jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia. Prinsipnya sama dengan jenis buah buahan yang mengandung zat besi ataupun asam folat ataupun vitamin C. Adapun jenis sayuran yang mengandung sejumlah nutrisi tersbeut diantaranya yaitu selada, kacang-kacangan, brokoli, bayam, asparagus, daun bawang, kentang, jamur dan lain sebagainya.

Sayuran yang mengandung asam folat, zat besi, vitamin C merupakan salah satu komponen penting yang sebaiknya diperhatikan oleh penderita penyakit anemia. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur maka kemungkinan bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan tersebut sehingga volume darah kembali normal tanpa harus melakukan pengobatan yang mahal.

Pantangan Bagi Penderita Anemia

Terkadang penderita anemia mengeluh tak kunjung menemukan titik terang atas kesembuhan meskipun sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin C maupun asam folat. Apa sebenarnya penyebab hal tersebut? Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh penderita penyakit anemia terkait jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sebaiknya dikombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C guna membantu penyerapan zat besi kedalam usus dengan baik dan benar. Tanpa vitamin C, zat besi tidak akan bisa terserap secara maksimal.

Selanjutnya penderita anemia sebaiknya menghindari jenis jenis makanan atau minuman yang sekiranya bisa menghambat penyerapan zat besi seperti kopi, susu, teh atau jenis makanan yang mengandung serat sangat tinggi karena jenis makanan tersebut menghambat zat besi.

Kurang darah atau anemia sebaiknya diatasi dengan cara yang tepat, salah satunya dengan konsumsi makanan bernutrisi terutama zat besi seperti buah buahan penambah darah. Dengan begitu maka kurang darah bisa perlahan membaik dengan adanya asupan makanan yang kaya akan kandungan asam folat, zat besi atau vitamin C.

Related Posts

Share This