Jauhkan Si Kecil Dari Ancaman Masuk Angin!

Masuk angin bukan hanya di alami oleh orang dewasa, namun ternyata anak-anak bahkan bayi juga bisa mengalaminya. Keadaan perut yang kembung, gelisah, juga rewel menjadi salah satu pertanda kalau si kecil mengalami masuk angin, Dan Anda sebagai orangtua harus segera mengatasi permasalahan ini.

Salah satu penyebab si kecil mengalami masuk angin yaitu karena adanya perubahan cuaca. Musim pancaroba dengan keadaan udara yang sangat dingin serta daya tahan tubuh yang menurun, kerap kali membuat si kecil menjadi sangat rewel serta gelisah, terutama di malam hari menjelang waktu tidur. Dan hal ini dikarenakan di kecil mengalami masuk angin.

Sedangkan pada bayi yang baru lahir, kesalahan posisi ketika menyusui juga bisa menjadi penyebab si kecil mengalami masuk angin. Bahkan, sikap si kecil yang terlalu terburu-buru ketika menyusu juga bisa menjadi penyebabnya. Jika seperti itu, kenapa posisi bayi yang salah dalam menyusu bisa menjadi penyebab masuk angin?

Hal ini dikarenakan si kecil yang terlalu banyak menghisap angin, sehingga bisa menimbulkan masuk angin.
Penyebab lainnya yaitu, ketika si kecil tengah belajar merangkak di atas lantai serta si kecil yang di ajak jalan-jalan sore bahkan malam. Dan kedua hal tersebut bisa menyebabkan masuk angin pada si kecil.

Ciri-ciri atau bahkan gejala masuk angin yang kerap kali muncul pada bayi atau anak-anak yaitu keadaan perut yang kembung, bahkan lebih cenderung sering buang gas, bahkan sering menangis. Oleh karena itu, jika si kecil menunjukkan beberapa gejala tersebut, maka Anda harus segera melakukan penanganan yang tepat agar si kecil segera sembuh dari masalah kesehatan ini.

Walaupun masuk angin tidak tergolong pada jenis penyakit yang serius, namun jika hal ini terus di biarkan dan tidak dilakukan proses pencegahan, pastinya akan sangat kasihan pada si kecil, karena si kecil akan terus-menerus rewel serta merasa tidak nyaman.

Cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar si kecil bisa terhindar dari masuk angin yaitu, ketika si kecil menyusu, maka Anda bisa memperbaiki cara atau posisi ketika menyusui. Dan sebaiknya, susui si kecil dengan posisi duduk, bukan sambil tiduran, karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan si kecil terkena masuk angin.

Selain itu, Anda di anjurkan untuk menyusui si kecil sesering mungkin, jangan menunggu sampai si kecil merasa kehausan, agar ia tidak terburu-buru ketika menyusu. Dan setelah selesai menyusui, Anda bisa mengangkat si kecil untuk menghadap ke belakang, dan setelah itu, tepuk-tepuk bagian punggungnya agar ia bisa bersendawa. Dengan begitu, angin akan keluar dan si kecil bisa terhindar dari masuk angin.

Agar si kecil tidak masuk angin ketika ia merangkak ke mana-mana atau bahkan ketika tengah jalan-jalan, maka Anda dianjurkan untuk memakaikan celana panjang dengan kaus yang nyaman yang di masukkan kedalam celana, agar baju yang di gunakan tidak mudah terbuka. Atau bahkan, Anda bisa memakaikannya jaket ketika Anda tengah mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah.

Related Posts

Share This