Jauhi Makanan Ini Untuk Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Memasuki masa kehamilan, seorang wanita harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dua orang yaitu dirinya dan janin di dalam kandungan. Terkadang hal ini disalah artikan oleh sebagian wanita sehingga mereka beranggapan harus menamlbah porsi makan menjadi lebih banyak. Hal ini tentunya berdamp[ak terhadap kenaikan berat badan saat hamil.

Perlu diluruskan bahwa dalam hal ini bukan menambah porsi makan menjadi lebih banyak dan tidak terkontrol. Akan tetapi mengubah pola makan dan memperbanyak nutrisi, Dalam hal ini Anda dituntut untuk memilih jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Dengan begitu maka tidak akan mengalami kenaikan berat badan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan janin.

Pola makan yang tidak terjadwal dan berlebihan ketika hamil memicu obesitas yang bisa berdampak terhadap gangguan kesehatan yang lainnya. Bahkan pada beberapa kasus, obesitas bisa menyebabkan penyakit seperti hipertensi, diabetes dan bahkan bersesiko persalinan caesar. Oleh karena itu, penting sekali dalam menjaga berat badan selama hamil.

Menjaga berat badan ideal pada waktu hamil pada dasarnya sangat mudah yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, selektif dalam memilih jenis makanan dan rajin bergerak seperti olahraga. Selain itu, hindari beberapa kebiasaan berikut ini!

Hindari Makanan Yang Mengandung Gula Tinggi

Tanpa kita sadari bahwa makanan yang mengandung kadar gula tinggi beresiko menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebihan. Pada waktu hamil sebaiknya makanan tersebut dihindari untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang bisa mengakibatkan gangguan terhadap pertumbuhan janin.

Makanan yang mengandung gula memang penting untuk tubuh sebagai pembentuk energi. Namun harus bijak dalam mengkonsumsinya. Sesuaikan porsi makanan yang  memiliki kandungan gula tersebut. Konsumsi secara tertur dan tidak berlebihan.

Hindari Mengkonsumsi Yodium Terlalu Banyak

Jika libu hamil mengkonsumsi yodium terlalu banyak maka dikhawatirkan akan mengakibatkan obesitas. Untuk mengkonsumsi garam disarankan setiap harinya yaitu sebanyak 2300 mg atau satu sendok teh. Nah, untuk ibu hamil hanya dinajurkan sebanyak 1500 mg saja. Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan olahan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi. Hindari makanan olahan yang dibekukan, sup kalengan dan daging olahan yang mengandung banyak garam.

Hindari Makanan Lemak Tinggi

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang mengandung lemak tinggi menjadi salah satu pemicu kenaikan berat badan berlebih. Nah, pada waktu hamil sebaiknya Anda lebih selektif dan menghidnarti jenis makanan tersebut karena berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan tidak terkendali. Contoh makanan yang sebaiknya Anda batasi adalah bakso, eskrim dan beberapa jenis makanan instan dan cepat saji.

Nah, itulah jenis-jenis yang harus Anda hindari sebagai upaya untuk mencegah berat badan berlebih pada ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517