Jauhi Beberapa Makanan Penyebab Kista Berikut

Kista merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang kaum hawa. Kista dikategorikan sebagai penyakit yang sangat berbahaya. Jenis penyakit ini sering diebut dengan istilah silent killer. Biasanya penderita kista akan merasakan nyeri setiap kali mengalami menstruasi.

Bahkan pada kondisi yang lebih parah menyebabkan penderitanya jatuh pingsan akibat menahan sakit. Fatalnya lagi jika penderita kista ingin benar-benar sembuh maka harus bersedia untuk diangkat bagian rahimnya.  Hal ini tentunya menyebabkan tidak bisa memiliki keturunan.

Faktor penyebab penyakit kista memang sangat beragam seperti gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selektif dalam memilih jenis makanan memang sangat penting. Mengingat makanan adalah salah satu komponen yang memberikan pengaruh secara langsung terhadap tubuh.

Bagi penderita kista stadium awal dan belum parah maka sebaiknya perhatikan pola hidup sehat sehari-hari guna mempercepat penyembuhan. Berlaku selektiflah dalam memilih jenis makanan, sebab ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan kista semakin parah.

Berikut Beberapa Jenis Makanan Penyebab Penyakit Kista Semakin Parah

Buah Durian dan Anggur

Kedua jenis buah ini memang terkenal sangat enak dan harganya mahal. Banyak orang yang menggemari jenis buah ini. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit kista sebaiknyamenghindari buah ini selama dalam masa penyembuhan atau pengobatan.

Buah anggur dan durian bisa memperparah penyakit kista. Hal ini karana kedua jenis buah ini mengandung alcohol yang lumayan tinggi  sehingga bisa membuat kista semakin berkembang. Oleh karena sebaiknya jauhi buah-buahan ini supaya proses penyembuhan lebih baik.

Sawi Putih dan Tauge

Jenis makanan selanjutnya yang menyebabkan kista semakin parah yaitu sawi putih dan tauge. Jenis makanan tersebut memang sangat bagus untuk kesuburan reproduksi. Namun bagi penderita kista sebaiknya jenis makanan ini dihindari.

Senyawa dan zat-zat yang terdapat pada tauge bisa menstimulus pembesaran sel-sel kista didalam rahim. Sedangkan sawi putih bisa menghambat efektivitas dan khasiat obat yang Anda minum.

Seafood

Jika tidak ada gangguan kesehatan, seafood merupakan jenis makanan yang lezat dan sehat bagi tubuh. Namun bagi penderita kista sebaiknya jenis makanan ini dijauhi karena bisa memperburuk kondisinya. Kandungan kolesterol pada seafood bisa merangsang perkembangan sel-sel kista semakin banyak.

Soft Drink

Minuman kalengan yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang ini ternyata bisa memperparah kondisi kesehatan penderita kista. Kebiasaan minum soft drink akan merangsang perkembangan sel-sel  penyebab kista.

Soft drink mengandung bahan-bahan karsinogen berupa alcohol dan juga soda. Nah, zat-zat tersebutlah yang memicu kista semakin berkembang menjadi lebih parah. Oleh karena itu sebaiknya hindari soft drink untuk proses pemulihan kista.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang bisa memicu penyakit kista. Untuk proses pemulihan dan mencegah berkembangnya penyakit kista, sebaiknya hindari semua jenis makanan tersebut. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat pula.

Pada dasarnya kista bisa sembuh melalui pengobatan dan penanganan yang tepat. Namun disamping itu, proses pengobatan harus didukung dengan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga dan menghindari kebiasaan buruk pemicu kista.

Penerapan gaya hidup sehat menjadi kunci utama untuk terbebas dari segala macam penyakit. Tindakan atau penerapan hidup sehat bukanlah perkara yang sulit untuk dilakuka jika Anda benar-benar memiliki keinginan dan niat hidup sehat. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This