Jangan Sepelekan Kehamilan Resiko Tinggi di Atas Usia 45 Tahun

Memiliki momongan merupakan dambaan setiap pasangan suami isteri yang telah menikah. Dengan adanya buah hati akan menambah keceriaan dan keharmonisan rumah tangga. Akan tetapi terkadang ada sebagian pasangan yang memutusakan untuk menunda kehamilan, padahal sebenarnya usia si wanita sudah ideal untuk hamil. Semakin bertambah usia maka kehamilan resiko tinggi bisa terjadi pada wanita yang menunda kehamilan.

Usia 21 hingga 35 merupakan usia ideal untuk hamil. Pada rentang usia tersebut sanga idela untuk menjalani kehamilan sehingga resiko terkena gangguan sangat rendah. Sedangkan jika kehamilan diatas usia 40 tahun maka bisa menyebabkan berbagai resiko terkait kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin yang di kandung.

Resiko Diabetes Gestasional

Wanita yang hamil di usia 35 tahun keatas sangat rentan mengalami penyakit diabetes gestasional. Hal ini karena semakin bertambah usia maka kinerja insulin semakin berkurang sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan pesat. Kondisi tersebut tentunya sangat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Resiko Keguguran

Usia ideal untuk kualitas sel telur yang baik adalah pada usia 24 tahun. Jika wanita sudah berusia diatas 35 atau bahkan memasuki usia 40an maka kualitas sel telur mulai menurun sehingga jika terjadi kehamilan sangat beresiko keguguran.

Cacat Kromosom

Wanita yang masih bisa hamil pada usia 45 tahun kemungkinan tidak akan mendapatkan kehamilan yang sehat. Pada usia tersbut kualitas sel telur sudah sangat lemah sehingga beresiko terhadap cacat kromosom. Apabila kondisi tersebut terjadi maka kemungkinan bayi akan terlahir cacat.

Bayi Prematur

Kelahiran prematur sangat mungkin terjadi pada ibu hamil di usia 45 tahun. Pada usia tersebut kondisi rahim tidak begitu kuat untuk menampung perkembangan bayi yang semakin besar sehingga terjadi kelahiran sebelum waktunya. Selain itu, bayi prematur juga bisa dipicu akibat adanya gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh ibu hamil yang mulai melemah.

Terganggunya Kesehatan Ibu Hamil

Kondisi kesehatan ibu hamil pada usia 40 tahun keatas mulai menurun sehingga rentan mengalam,I gangguan kesehatan yang akan mempengaruhi perkembangan janin. Mak dari itu, sebaiknya pada usia 40 tahun keatas untuk menhindari kehamilan karena sangat beresiko.

Nah, itulah beberapa resiko kehamilan pada usia 45 tahun. Sebaiknya Anda mempertimbangkan lagi keputusan untuk memiliki bayi di usia tersebut. Hal ini menyangkut keselamatan dan kesehatan Anda serta perkembangan janin.

Batas maksimal yang terbilang cukup aman untuk hamil yaitu pada usia 35 tahun. Apabila sudah melebihi angka tersebut maka kehamilan terbilang cukup beresiko. Hal ini terkait kondisi kesehatan ibu hamil yang memberikan pengaruh pada janin.

Related Posts

Share This